alexametrics

Jaguar Land Rover Bakal Produksi Mobil Listrik

9 Juli 2019, 17:42:50 WIB

JawaPos.com – Jaguar Land Rover baru saja mengungkapkan rencana untuk memproduksi sejumlah kendaraan listrik baru di pabriknya, Castle Bromwich, Inggris. Pengumuman ini sebagai langkah penting perusahaan dalam mewujudkan komitmen Jaguar Land Rover untuk menawarkan opsi elektrifikasi kepada pelanggan di semua model Jaguar dan Land Rover anyar mulai 2020.

Dikutip JawaPos.com dari laman resminya, Selasa (9/7), pihak Jaguar Land Rover mengatakan bahwa masa depan kendaraan adalah teknologi listrik. “Sebagai perusahaan Inggris yang visioner, kami berkomitmen untuk membuat generasi berikutnya dari kendaraan tanpa emisi di Inggris. Kami turut menentukan lokasi pembuatan kendaraan listrik, unit drive elektronik, dan unit baterai untuk menciptakan pembangkit tenaga listrik di Midlands,” kata CEO Jaguar Land Rover, Ralf Speth.

Mobil listrik anyar pertama yang diproduksi di pabrik itu adalah sedan mewah Jaguar XJ. Mobil tersebut adalah pilihan para pemimpin bisnis, selebritis, politisi, dan keluarga kerajaan selama lebih dari lima dekade. Selain itu melalui delapan generasi produksi, XJ yang dirancang dan diproduksi di Inggris, telah diekspor ke lebih dari 120 negara.

Lebih jauh Jaguar menambahkan bahwa semua model mobil listrik baru akan dibuat oleh tim ahli yang sama dari desainer dan spesialis pengembangan produk yang bertanggung jawab untuk memberikan SUV listrik premium pertama di dunia. Yakni yang dianugerahi 2019 World Car of the Year, Jaguar I-PACE.

Pada Januari, perusahaan mengonfirmasi rencana untuk membawa baterai dan Unit Drive Listrik (EDU) ke Midlands dengan investasi dalam fasilitas baru dan yang sudah ada. Investasi ini telah diantisipasi dalam rencana investasi modal yang sebelumnya dikomunikasikan perusahaan.

Pusat perakitan baterai baru di Hams Hall, yang beroperasi pada 2020 juga akan menjadi yang paling inovatif dan maju secara teknologi di Inggris dengan kemampuan hingga kapasitas 150.000 unit. Bersama-sama dengan Wolverhampton Engine Manufacturing Center (EMC), rumah dari produksi EDU global Jaguar Land Rover, fasilitas ini akan memberi daya bagi model Jaguar dan Land Rover generasi berikutnya.

Transformasi Castle Bromwich yang luas menjadi pabrik kendaraan listrik premium pertama di Inggris dan akan menjadi yang paling signifikan dalam sejarah pabrik. Akhir bulan ini, pekerja akan memulai pemasangan semua fasilitas dan teknologi baru yang diperlukan untuk mendukung Arsitektur Modular Longitudinal (MLA) generasi berikutnya dari Jaguar Land Rover.

Dirancang sendiri, MLA memungkinkan memproduksi secara fleksibel kendaraan diesel dan bensin yang efisien bersama model listrik dan hibrida penuh. Perluasan line up kendaraan elektrik Jaguar Land Rover juga akan membuat pelanggan memiliki pilihan kendaraan yang lebih banyak sesuai gaya hidup mereka. Namun, peningkatan permintaan konsumen tetap menjadi tantangan.

“Kenyamanan dan keterjangkauan adalah dua penggerak utama untuk mendorong penyerapan kendaraan listrik ke tingkat yang dibutuhkan. Pengisian harus semudah mengisi ulang bahan bakar kendaraan konvensional. Keterjangkauan hanya akan tercapai jika membuat baterai di sini, di Inggris,” ungkap Speth lagi.

Selain itu, dengan baterai yang diproduksi di Inggris juga untuk menghindari risiko biaya dan keamanan impor. “Inggris memiliki bahan baku. Penelitian ilmiah di universitas kami dan basis pemasok yang ada menempatkan Inggris di posisi terdepan dalam mobilitas dan penciptaan lapangan kerja,” tukas Speth.

Ketika Jaguar Land Rover hari ini membuat komitmennya untuk pembuatan mobil listrik di Inggris, dia menyerukan kepada pemerintah dan industri untuk bekerja sama dalam membawa produksi baterai skala ‘giga’ ke negara tersebut. Langkah-langkah penting ini juga akan mendukung dan menumbuhkan rantai pasokan yang membuat Inggris tidak bergantung pada bahan-bahan penting yang bersumber di luar negeri.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto