alexametrics

Didominasi Sigra, Daihatsu Klaim Moncer di Februari 2022

9 Maret 2022, 04:45:43 WIB

JawaPos.com – Bukan rahasia lagi kalau industri otomotif dunia termasuk Indonesia menjadi sektor yang paling terpuruk akibat dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun lebih ini. Berbagai cara pun dilakukan agar performa pasar otomotif dalam negeri bisa kembali bergairah.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan dirilisnya serangkaian insentif dari pemerintah melalui Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah Ditanggung Pemerintah atau PPnBM DTP. Lumayan berhasil, program multi stakeholder ini akhirnya bisa kembali mendongkrak performa penjualan mobil di Tanah Air.

Salah satu yang menyebut telah merasakan manfaat ini adalah Daihatsu. Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut kalau pada awal tahun ini berhasil membukukan kenaikan penjualan yang cukup signifikan, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Daihatsu mengklaim telah mengawali penjualan tahun 2022 dengan raihan yang baik. Secara total penjualan unit pada 2 bulanan (Januari – Februari 2022), Daihatsu menyebut mereka berhasil mencatatkan capaian sebanyak 30.628 unit atau naik 70,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sebanyak 17.942 unit.

Secara berturut-turut, penjualan Daihatsu selama dua bulanan ini didominasi oleh Top 3 model, yaitu Sigra. Low Cost Green Car ini disebut berhasil menyumbang angka sebagai mobil paling laris Daihatsu di penjualan dua bulan ini sebanyak 8.545 unit, atau berkontribusi 27,9 persen.

Di bawah Sigra, Gran Max PU (Pick Up) menyumbang kontribusi penjualan sebanyak 6.838 unit yang jika dipresentasekan mewakili kenaikan sebesar 22,3 persen. Ayla berada du posisi ketiga dengan penjualan sebesar 3.855 atau sebesar 12,6 persen.

“Daihatsu bersyukur, penjualan hingga Februari 2022 mencatat raihan positif. Hal ini tak lepas dari dukungan pemerintah lewat program insentif pajak yang diberikan. Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Sementara itu, bila membandingkan penjualan per-model antara selama YTD Februari 2022 VS YTD Februari 2021, Top 3 kenaikan penjualan tertinggi secara berturut-turut ada pada Xenia yang naik sebesar 312 persen, atau lebih dari tiga kali lipat menjadi 3.688 unit dari sebelumnya 1.183 unit.

Di bawah Xenia secara keseluruhan, ada Sigra yang naik 198 persen menjadi 8.545 unit dan Ayla 168 persen menjadi 3.855 unit.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: