alexametrics

Antitumpah, BMW Kembangkan Holder Minuman dengan Teknologi Giroskopik

8 Desember 2019, 00:46:42 WIB

JawaPos.com – Bagi yang suka mengemudi sembari minum kopi untuk mengusir kantuk tampaknya akan senang mendengar kabar ini. Jika khawatir kopi atau minuman tumpah saat diletakkan di cup holder, teknologi masa depan memungkinkan tidak terjadi.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari CarsGuide, Sabtu (7/12) soal cup holder untuk meletakan minuman di mobil, ke depan akan lebih canggih lagi. Adalah BMW yang sedang mengembangkan teknologi cup holder berbasis sensor giroskopik.

Teknologi tersebut sudah dipamerkan BMW lewat mobil listrik konsep Vision M Next di konferensi NextGen di Munchen, Jerman, belum lama ini. Mobil hadir dengan sepasang pintu gullwing, cat berpola kulit jeruk yang hadir di banyak panel bodi, dan pendekatan desain futuristik.

Banyak yang tahu kalau BMW memiliki rahasia yang ditemukan tepat di dalam kabinnya. Teknologi tersebut adalah cup holder berbasis sensor giroskopik. Menurut CarsGuide Australia, Vision M Next Concept bakal datang dengan visi BMW tentang cup holder masa depan. Ini adalah fitur penahan gelas minuman anti tumpah yang menggunakan teknologi giroskopik untuk menjaga gelas minum tetap tegak dalam segala situasi.

Ilustrasi: Mobil konsep BMW Vision M Next. (Motor1)

Secara sederhana cup holder dengan sensor giroskopik ini membawa stabilisator yang mirip dengan gimbal kamera semisal DJI Osmo untuk menjaga kamera ‘mengambang’. Apapun situasinya, bagaimanapun medannya, sensor akan membuat cup holder akan tetap tegak dan membuat minuman tak akan tumpah.

Jose Alberto Casas Pena, desainer BMW Vision M Next, memberi tahu penjelasan yang lebih baik kepada CarsGuide. “Pada dasarnya, Anda meletakkan gelas di sana dan jika rasanya mobil berputar, cup holder akan mendorongnya dengan cara lain, sehingga minuman itu tidak tumpah dan mengotori interior mobil Anda,” kata Pena.

Cup holder giroskopik ini kedengarannya bakal menjadi fitur bagus jika mencapai tahap produksi. Sebab kehadiran cup holder pada mobil memang diperlukan untuk meletakkan minuman.

Teknologi lainnya yang sedang dikembangkan BMW lewat mobil konsep M Vision Next Concepts adalah memory foam seats dan sistem augmented-reality pada mobil yang semakin terlihat lebih dekat dengan kenyataan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads