AC Mobil Tiba-tiba Panas, Mungkin Ini Penyebabnya

8 Mei 2020, 19:53:07 WIB

JawaPos.com – Air Conditioner atau AC menjadi salah satu faktor penting pada mobil. Kerusakan atau tidak berfungsinya AC pada mobil akan menyebabkan keadaan yang kurang menyenangkan. Hawa panas dan gerah saat macet dan efeknya bisa jadi ke pola mengemudi yang serampangan karena kelelahan.

Soal AC mobil, Anda pernah mengalami tiba-tiba kondisi AC menjadi panas? Tidak nyaman sudah pasti. Lantas, apa sebenarnya penyebab AC tiba-tiba panas.

Kondisi AC yang tiba-tiba menjadi panas pada saat mobil dijalankan biasanya disebabkan karena ada masalah pada komponen magnetic clutch atau kopling magnetik pada kompresor AC. Komponen ini adalah yang berfungsi menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin.

Dilansir JawaPos.com dari laman resmi Suzuki Indonesia, ada beberapa gejala magnetic clutch bermasalah. Pertama, yang bisa kamu rasakan saat magnetic clutch mulai bermasalah adalah blower AC tetap hidup tapi tiba-tiba embusan angin dari AC terasa panas.

Keadaan ini kemudian disusul putaran mesin meningkat di sekitar 1.000 – 1.500 RPM seperti sedang diinjak pedal gas padahal gas tidak diinjak. Pada kejadian ini biasanya AC akan dimatikan beberapa saat, dan setelah dinyalakan kembali, suhu AC kembali normal.

Selanjutnya, keluhan AC yang panas secara tiba-tiba akibat rusak atau mulai lemahnya kinerja magnetic clutch mayoritas terjadi ketika kendaraan terjebak kemacetan atau saat melaju kencang di jalan tol. Kejadian ini biasanya akan terus berulang.

Awalnya akan muncul satu bulan sekali, lalu menjadi dua minggu sekali, dan akhirnya menjadi seminggu sekali dan bisa juga semakin sering terjadi jika tidak segera dicari solusinya.

Kalau sudah parah, kerusakan AC mobil di sektor magnetic clutch pada mobil adalah munculnya bunyi mirip gesekan besi. Setelahnya, tak lama AC jadi tidak dingin dan muncul bau sesuatu yang terbakar (gosong). Jika ini dibiarkan bisa berakibat fatal dan AC mobil bisa mengalami kerusakan lebih parah dan merembet ke komponen lainnya.

Untuk menghindari masalah di atas, lakukan perawatan rutin pada AC mobil minimal dalam enam bulan sekali. Saat mulai muncul masalah, disarankan untuk langsung membawa mobil ke bengkel resmi atau yang berpengalaman di bidangnya, yakni komponen AC mobil.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: