alexametrics

Tips Pasang Roof Box di Atap Mobil untuk Persiapan Mudik Lebaran

8 April 2022, 20:02:08 WIB

JawaPos.com – Penggunaan roof box pada atap mobil bisa menjadi alternatif untuk menempatkan barang bawaan selama mudik Lebaran lantaran bisa membuat ruang kabin menjadi lebih lapang.

Namun, memasang roof box tidak boleh sembarangan agar tetap aman selama perjalanan dan terhindar dari tilang. Berikut tips memasang roof box supaya aman dan nyaman, dikutip dari Auto2000.

1. Pastikan Mobil Memiliki Roof Rail
Roof box tidak bisa diletakkan begitu saja di atap mobil karena dapat merusak serta tidak memiliki pegangan yang kuat. Untuk itu, dibutuhkan roof rail berupa rel membujur tempat memasang roof rack sebagai tempat meletakkan roof box.

Sejumlah model kendaraan sudah memiliki roof rail dengan perhitungan teknis yang matang supaya dapat dipasang roof rack dan roof box di atasnya dengan mudah dan aman.

2. Pasang Roof Rack sebagai Dudukan Roof Box
Roof rack merupakan struktur alas sebagai dudukan roof box. Pengguna bisa saja meletakkan barang bawaan langsung di atas roof rack, tapi tidak direkomendasikan karena barang dapat terlepas sehingga berbahaya di jalan.

Pilih roof rack yang kokoh dan memiliki dudukan yang kuat serta mudah dibongkar-pasang. Termasuk sanggup menopang roof box di atasnya serta ukurannya tidak melewati lebar bodi mobil karena mengganggu secara estetika dan keamanan.

3. Pilih Roof Box Sesuai Kebutuhan
Sebagai tempat menyimpan barang, pilih roof box sesuai kebutuhan dengan kapasitas yang memadai, tapi tidak terlalu besar karena dapat mempengaruhi aerodinamika dan titik keseimbangan mobil.

Pilih material roof box yang berkualitas tapi tidak terlalu berat untuk menjaga bobot total mobil, terlebih apabila mobil juga diisi penuh oleh penumpang. Pelajari cara memasang roof box pada roof rack dan mekanisme penguncian tutupnya yang benar supaya aman di jalan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: