alexametrics

Jok Kulit Sintetis Jangan Sering Dibersihkan dengan Minyak Kayu Putih

8 Februari 2020, 23:48:43 WIB

JawaPos.com – Bagi pemilik mobil banyak yang belum menyadari bila menghilangkan noda pada jok mobil yang terbuat dari bahan kulit sintetis tak boleh sembarangan. Ya, bahan kulit sintetis tak boleh dibersihkan dengan cairan dengan kandungan konsentrat tinggi.

Apalagi saat ini banyak pilihan bahan jok kulit sintetis dengan kualitas yang berbeda, mulai yang paling murah hingga paling mahal. Keawetan bahan jok kulit sitetis juga berbeda setiap produk dan Anda harus hati-hati karena banyak yang palsu (harga murah).

Jangan tergiur dengan harga murah namun keawetannya tak lama. Kembali lagi dengan perawatan jok kulit sintetis, menurut Senior Brand Manager MBtech Dana Iswanto, merawat jok mobil yang sudah dibungkus kulit sintetis cukup mudah. Paling penting diperhatikan adalah jangan sesekali membersihkan dengan menggunakan cairan konsentrat tinggi.

“Analogi paling mudah cairan cat mobil, jangan sampai terkena atau menggunakan cairan thiner karena mengandung bahan kimia yang tentunya bisa menggerus bahan dan warna,” ujarnya.

Banyak kasus yang terjadi jok mobil berbahan kulit sintetis dibersihkan menggunakan minyak kayu putih. Hal ini dilakukan karena mitosnya menggunakan minyak kayu putih bisa mengangkat noda yang ada di jok.

“Untuk titik tertentu masih enggak apa-apa, tapi kalau minyak kayu putih penggunaannya sudah dalam porsi besar pasti akan mengikis kulit sintetis,” kata Dana.

Dirinya juga menambahkan kalau ingin membersikan jok mobil berbahan kulit sintetis lebih baik gunakan kain halus. Bisa juga memakai kain berbahan microfiber yang bersih supaya hasil lebih maksimal.

Sebenarnya menurut Dana kulit sintetis sangat minim perawatan, cukup di lap dengan kain halus lalu ditambah air hangat. Dengan cara simpel tersebut sudah bisa menghilangkan noda yang menempel di kulit sintetis.

Namun bila ada kotoran atau noda yang menempel cukup sulit untuk dihilangkan, disarankan Anda bisa membersihkannya dengan sampo bayi. “Gunakan sampo bayi dan sabun tapi komposisinya jangan terlalu banyak ke sampo, dan untuk kotoran membandel cukup di sikat dengan lembut itu masih enggak ada masalah,” tambahnya Dana.

Intinya perawatan jok dengan bahan kulit sintetis sangat mudah, bila ingin awet bila ada noda langsung dibersihkan, jangan terlalu lama untuk didiamkan. Cukup dengan lap dan air hangat karena noda yang masih baru menempel belum menyerap terlalu dalam, selamat mencoba.

Editor : Eko Putra

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads