alexametrics

Remaja AS Ciptakan Fitur Unik di Mobil untuk Menghilangkan Blind Spot

7 November 2019, 16:11:35 WIB

JawaPos.com – Blind spot atau titik buta pada mobil kerap menjadi masalah bagi pengemudi mobil, terlebih lagi bagi pengemudi amatiran. Beberapa sudut di mobil memang merupakan area blind spot, salah satunya area di pilar A.

Masalah yang sering muncul di area blind spot ini adalah ketika pejalan kaki tiba-tiba muncul di tepi kaca depan mobil Anda saat berbelok melintasi persimpangan. Bahkan, untuk mobil besar yang juga memiliki pilar A lebih besar sampai tak bisa melihat benda apapun di sekitarnya.

Saat ini, beberapa produsen mobil mengakali terkait blind spot. Mereka menciptakan inovasi dari pilar A yang lebih tipis hingga jendela lubang kecil untuk mengintip.

Hanya saja, apa yang dilakukan seorang remaja di Amerika Serikat patut diacungi jempol. Sebagaimana dilansir dari laman Mashable via Motor1, Rabu (6/11), seorang remaja berusia 14 tahun bernama Aliana Gassler dari Pennsylvania, AS, memiliki solusi yang fantastis untuk masalah yang sering terabaikan tersebut.

Temuannya bahkan mengantarkan dia diganjar penghargaan. Dia bisa membuat pilar A seolah tembus pandang dan tak lagi memiliki blind spot hanya dengan modal webcam, proyektor, dan bahan khusus untuk memberikan pandangan terbaik kepada pengemudi setiap saat.

Pilar A pada mobil yang bebas blind spot karena temuan seorang remaja AS (Mashable)

Bagaimana cara kerjanya? Webcam dipasang di luar pilar penumpang sisi A, dan mengirimkan video langsung ke proyektor yang dipasang langsung di atas kursi pengemudi. Video kemudian langsung diproyeksikan ke pilar dalam yang muncul kembali dengan media reflektif.

Terdapat panel khusus untuk membantu memfokuskan proyektor meskipun jaraknya dekat, dan bahan khusus hanya memantulkan cahaya pada sumbernya. Dalam hal ini proyektor. Karena proyektor ditempatkan langsung di atas pengemudi, mereka dapat melihat gambar yang jelas. Sementara penumpang hanya melihat selembar kain hitam.

Prototipe yang diciptakan Aliana membuatnya meraih posisi teratas di kompetisi Broadcom MASTERS
(Math, Applied Science, Technology, and Engineering for Rising Stars). Dia pun diganjar hadiah senilai USD 25.000 atau sekitar Rp 351 jutaan.

Solusi tersebut memang terlihat sederhana. Namun, sangat efektif menghilangkan blind spot dan tentunya menyelamatkan banyak korban di jalan.

Hingga saat ini, dia belum mendapat ketertarikan dari produsen mobil. Namun, bukan tidak mungkin dengan semua sensor yang dimiliki mobil saat ini, pabrikan dapat membuat versi yang lebih ramping dari sistem sederhana yang ditemukannya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads