alexametrics

Risiko Bila Kampas Mobil Habis dan Solusi Perawatannya

6 Agustus 2020, 23:41:48 WIB

JawaPos.com – Kondisi kampas clutch disc yang normal saat dioperasikan pengendara akan membuat mobil berjalan sebagaimana mestinya. Apabila kondisi clutch disc tidak normal, justru akan memicu hal sebaliknya, bahkan bisa menimbulkan kerugian bagi pengendara maupun penumpangnya.

Pengendara mobil yang bijak selain mengetahui tanda clutch disc yang aus dan habis juga perlu memperhatikan bahaya yang dapat terjadi karena hal tersebut. Bahaya tersebut salah satunya adalah mobil menjadi lebih lemah dan kurang bertenaga.

Kondisi mobil yang kurang bertenaga ini perlu diwaspadai saat pengendara melewati area tanjakan maupun lampu merah. Pada saat berada di lampu merah, kondisi ini dapat menjadikan mobil lebih berat digerakkan sehingga mobilitas terhambat dan merugikan kendaraan lain.

Pada saat melintasi jalan menanjak, kondisi ini mengkhawatirkan sehingga pengendara disarankan mengantisipasinya dengan baik. Selain itu, untuk keamanan saat berkendara, pengendara bisa memilih tanjakan yang tidak terlalu curam.

Pada saat kopling aus atau habis pengendara juga tidak disarankan menyalip mobil lainnya. Hal ini dikarenakan performa mobil yang tidak memungkinkan dan tidak bisa maksimal. Pengendara yang nekat menyalip dapat menimbulkan hal yang fatal seperti kecelakaan.

Cara Merawat Kampas Kopling Mobil

Kondisi rusak dan habisnya clutch disc perlu diantisipasi pengendara sebelum menyebabkan kerugian di jalan. Salah satu penyebab kecelakaan akibat hal ini misalnya seperti lebih sulit diperhitungkannya kecepatan jarak tempuh mobil untuk menyalip.

Kondisi seperti ini perlu dihindari dengan perawatan clutch disc yang rutin. Berikut beberapa cara merawat kopling mobil yang mudah.

Mengetahui Masalah Umum Kopling

Pengendara bijak juga perlu mengetahui masalah-masalah yang umum terjadi pada clutch disc. Pemahaman pada masalah-masalah umum ini berguna untuk memaksimalkan perawatannya. Masalah umum biasanya terjadi pada slip yang mengakibatkan tenaga mobil tidak tersalurkan secara maksimal.

Kondisi berikutnya yaitu tuas gigi yang sulit berpindah akibat beberapa masalah mesin yang hanya bisa diatasi oleh pihak bengkel. Kondisi-kondisi tersebut biasanya menyebabkan bahan bakar kendaraan cepat habis sehingga mobil rewel.

Tidak Melakukan Hal-hal yang Merugikan

Cara merawat kampas clutch disc selanjutnya adalah dengan menghindari hal-hal yang akan merugikannya. Perawatan ini berkaitan dengan cara pemakaian agar clutch disc dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lebih lama dan tetap efisien.

Salah satu hal yang perlu dihindari yakni menahan clutch disc dalam posisi setengah ketika melewati tanjakan. Kondisi ini dapat pengendara hindari dengan menyiasatinya menggunakan rem pada kemudi.

Kondisi yang perlu dihindari berikutnya adalah tidak menekan clutch disc saat tidak dibutuhkan. Kondisi ini seringkali diabaikan pengendara karena alasan lupa dan terbiasa meletakkan kaki diatas clutch disc. Bila terus-terusan diabaikan, hal ini dapat mempercepat ausnya mesin.

Memakai Kopling Dengan Benar

Pengendara perlu menggunakan kopling dengan benar agar awet digunakan. Penggunaan clutch disc yang benar yakni pedalnya diinjak sempurna, kemudian tuas giginya ditarik. Pemindahan tuas gigi juga perlu dilakukan bertahap dari yang paling rendah ke tingkat paling tinggi agar transmisi bisa tetap normal.

Editor : Eko Putra



Close Ads