alexametrics

Hindari Lubang, Mobil Tesla Bakal Dapat Update Fitur Canggih

6 Juli 2022, 10:20:38 WIB

JawaPos.com – Tesla sejauh ini cukup dikenal sebagai pabrikan mobil listrik yang inovatif. Yang paling diingat jika menyebut nama Tesla adalah kemampuan mengemudi sendirinya, berkat teknologi otonom atau swakemudi yang ditanamkan.

Kendati teknologi tersebut masih jauh dari kata sempurna, setidaknya hal tersebut menjadi trigger produsen mobil lainnya untuk turut mengembangkan fitur serupa. Kembali menyinggung soal fitur canggih di mobil Tesla, merek yang digawangi oleh Elon Musk itu dikabarkan sedang mengembangkan teknologi suspensi otomatis.

Tesla mengkonfirmasi bahwa mobil bikinan mereka akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak baru yang akan memperpanjang umur mobil. Khususnya, setelah pembaruan, kendaraan ini bisa memindai jalan kasar seperti lubang dan menyesuaikan ketinggian suspensi untuk menghindari kerusakan fatal.

Dalam hal ini, pembaruan perangkat lunak baru yang akan didapat mobil Tesla adalah fitur tambahan yang membuat mengemudi sendiri lebih mirip manusia. Untuk ini, mobil harus mampu menangani berbagai skenario yang berbeda. Mereka tidak hanya mencakup cuaca yang berbeda tetapi juga kondisi jalan yang mungkin saja berlubang.

Melalui teknologi swakemudi-nya, perusahaan meyakini bahwa mobil Tesla akan dapat melihat lebih baik dari pada pengemudi manusia. Untuk lubang di jalan, seringkali kita terlambat atau kita tidak punya waktu untuk mengambil keputusan yang tepat sehingga mobil jadi menghantam lubang.

Perangkat lunak baru yang dikembangkan dan akan dirilis kepada pengguna ini diklaim mampu memberikan hasil yang baik karena basis pelanggannya yang besar dan data yang dikumpulkan dari teknologi swakemudi-nya. Dengan demikian, sebelum mobil menghantam lubang, fitur ini akan mengambil keputusan yang tepat dengan mengatur kekerasan suspensi sesuai kebutuhan.

“Tesla Adaptive Suspension sekarang akan menyesuaikan ketinggian mobil saat melaju di kondisi jalan rusak yang akan datang. Penyesuaian ini dapat terjadi di berbagai lokasi, tergantung ketersediaan, karena kendaraan mengunduh data peta jalan rusak yang dihasilkan oleh kendaraan Tesla,” demikian bunyi pernyataan Tesla terkait fitur baru ini.

Namun, fitur ini tidak akan tersedia di semua mobil Tesla. Fitur ini hanya tersedia pada mobil yang mendukung suspensi adaptif yang akan mendapatkan pembaruan. Dengan demikian, hanya kendaraan Model S dan Model X baru yang akan memilikinya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: