alexametrics

Generasi Kedua Toyota 86 Pakai Embel- embel GR Tenaga Lebih Liar

6 April 2021, 16:03:30 WIB

JawaPos.com – Kabar baru dari pabrikan mobil merek Toyota, kali ini mengeluarkan generasi kedua Toyota 86. Namun berbeda dengan generasi pertama, generasi kedua 86 sekarang punya embel-embel GR sehingga menjadi Toyota GR 86.

Melansir dari laman Gazoo Racing Toyota tambahan nama GR di Toyota 86 bukan sekedar gaya desainnya dibuat tim khusus pengembangan mobil sport Toyota dan Gazoo Racing. Akan tetapi juga sebagai pembeda dengan Subaru BRZ.

Sebagai informasi generasi pertama dari dua coupe sport Toyota dan Subaru bekerja sama pada GR 86 dan BRZ. Kedua model ini mepunyai tampilan yang mirip, meskipun ada perbedaan pada detil kecil.

Dimana Toyota GR 86 menggunakan grill “Fungsional Matrix” mirip dengan grill yang ada pada Toyota GR Yaris. Sedangkan lampu utama sedikit berbeda dibandingkan dengan lampu depan Subaru BRZ.

Secara umum gaya tampilan Toyota GR 86 dengan versi terbaru Subaru BRZ saat ini lebih stylist dan berotot dibanding versi sebelumnya.

Posturnya lebih rendah, bodi samping bagian belakang lebih melengkung, dan sejumlah komponen aerodinamika mengalami peningkatan dengan menggunakan komponen buatan Gazoo Racing.

Pada suspensi Toyota GR 86 menggunakan racikan Gazoo Racing yang dirancang khusus yang membuat mobil ini semakin mantab dikendarai. Bukan hanya di jalan raya tapi juga di sirkuit dan medan reli.

Bukan hanya tampilan, namun tenaganya lebih memuncak dibanding versi lamanya. Torsi meningkat dibanding versi lama karena keduanya menggunakan mesin sama dengan bahan bakar bensin Boxer 2.4 liter.

Semburan tenaganya mencapai 235 hp sedangkan torsi maksimalnya mencapai 250 Nm alias naik 38 Nm.

Toyota GR 86 diklaim mampu berakselerasi dari kecepatan 0 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dalam tempo 6,3 detik. Lebih cepat 1,1 detik dibanding generasi lamanya.

Perubahan lain juga terjadi pada dimensi ukuran, kini panjangnya kini 4.265 milimeter (mm), lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.310 mm, naik dari dimensi versi sebelumnya yang 4.240 mm x 1.775 mm x 1.320 mm.

Sedangkan wheelbase versi terbaru dari mobil kembar itu juga meningkat 5 mm. Kini, wheelbase generasi baru mencapai 2.575 mm.

Toyota dan Subaru menggunakan transmisi manual enam percepatan dan otomatis enam tingkat percepatan yang menyalurkan tenaga dan torsi ke roda belakang.

Toyota GR 86 bertransmisi transmisi otomatis dilengkapi fitur sistem EyeSight Driver Assist Subaru. Sistem ini mencakup berbagai fitur keselamatan mulai dari pencegah kecelakaan, pencegahan tabrakan sekunder, hingga sistem penyelamatan darurat jika terjadi kecelakaan

Di negeri Paman Sam mobil ini diperkirakan akan meluncur akhir tahun 2022 dengan banderol kira-kira mulai dari USD 30.000 atau sekitar Rp 436 juta

Sementara untuk versi lama yang beredar di Indonesia Toyota 86 yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai dari Rp 775, 75 juta, Rp 782,15 juta, dan Rp 816,95 juta. Ada tiga varian yang ditawarkan yakni Toyota 86 Manual, Toyota 86 Automatic, dan Toyota 86 Automatic TRD.

Editor : Dony Lesmana




Close Ads