alexametrics

Di Luar Pakem, VW Beetle Ini Berubah jadi Camper Van

6 April 2020, 20:35:18 WIB

JawaPos.com – Volkswagen atau VW memiliki satu mobil ikonik sekaligus legendaris yakni VW Beetle atau di Indonesia populer dengan sebutan VW Kodok. Terkait VW Beetle, mobil yang memulai debutnya pada 1938 silam sebagai mobil rakyat itu dengan bentuknya, biasa membawa aliran modifikasi klasik atau hot rod. Namun di tangan kreatif yang anti-mainstream, VW Beetle bisa berubah jadi sebuah camper van atau mobil kemping untuk keliling ke satu wilayah tertentu lengkap dengan fasilitas ala rumah di dalamnya.

Sebagaimana dilansir dari Motor1, Senin (6/4), VW Beetle yang berubah jadi camper van itu disebut Volkswagen Super Bugger. Mobil ini dibuat atau dimodifikasi sudah sejak lama yakni sekira tahun 1970-an oleh sebuah perusahaan di California, Amerika Serikat (AS).

VW Beetle berubah jadi camper van. (Motor1)

Kala itu, perusahaan yang memodifikasi VW Beetle itu berpikir bahwa idenya akan menjadi bagus untuk mengubah VW Beetle yang ikonik menjadi mobil kemping sambil menjaga sasis asli. Hasilnya adalah VW Super Bugger, setengah camper van, setengah Beetle dan hasilnya benar-benar di luar pakem modifikasi Beetle kebanyakan.

Seperti bisa dilihat pada gambar, sebuah VW Beetle lansiran tahun 1969, telah dipugar dengan cermat termasuk cat, bodywork, dan tuning mesin. Meski mungkin tidak ada banyak VW Super Bugger asli di sekitar, ada skema yang tersedia jika ingin membangun sendiri. Tapi, ini bukan salah satu proyek itu melainkan produk asli rumah modifikasi zaman dulu yang direstorasi.

VW Beetle berubah jadi camper van. (Motor1)

Banyak bagian VW asli, seperti roda, dan beberapa part termasuk mesin. Di dalam, ada dashboard VW dan roda kemudi asli camper.

Gearbox manual empat kecepatan berpasangan dengan mesin empat silinder 1,6 liter di belakang, yang menghasilkan 60 tenaga kuda (45 kilowatt). Bahkan dengan tapaknya yang kecil, VW Beetle camper ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Ada tempat duduk untuk empat orang, wastafel kecil, kompor dua pembakar, dan meja makan. Tempat tidur atau meja bongkar pasang untuk dua orang dewasa juga ada di dalam mobil ini.

VW Beetle berubah jadi camper van. (Motor1)

Karena ukurannya yang kecil, VW Beetle camper ini tak memiliki toilet seperti camper van kebanyakan. Hal itu lantaran mobil ini memang dibangun di atas sasis VW Beetle asli. Bukaan belakang kecil untuk mengakses mesin juga sangat imut.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads