Berkendara di Tol Harus Waspada, Jangan Pacu Kendaraan Berlebihan

5 November 2021, 16:11:19 WIB

JawaPos.com – Berkaca dari insiden yang menimpa artis Vanessa Angel dan suaminya yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas pada Kamis (4/11) di Tol Jombang-Mojokerto arah Surabaya, pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menilai bahwa pengguna jalan harus selalu waspada, jangan jemawa.

Hal itu disampaikan oleh Djoko Setijowarno, akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat. Dia menuturkan, jalan tol bukan arena balapaN, sehingga tidak perlu memacu kendaraan dengan berlebihan di fasilitas publik itu.

“Pemerintah perlu untuk mengaktifkan kembali Direktorat Keselamatan Transportasi Darat yang telah ditiadakan di Kementerian Perhubungan sejak dua tahun lalu. Peniadaan Direktorat tersebut berdampak pada minimnya program dan anggaran untuk keselamatan di sektor transportasi darat,” paparnya kepada JawaPos.com.

Dia melanjutkan bahwa tingkat fatalitas berkendara khususnya di jalan Tol di Indonesia masih cukup tinggi. Parahnya lagi, kesadaran masyarakat akan keselamatan lalu lintas juga masih rendah. Dia mengatakan, banyak orang bilang, meninggal akibat kecelakaan lalu-lintas dianggap sebagai hal yang tidak bisa dihindari, alih-alih karena kelalaian dan kesadaran berkendara yang baik.

Pemerintah juga diminta serius dengan kembali membentuk Direktorat Keselamatan Transportasi Darat pernah ada di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Sebelumnya, restrukturisasi organisasi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) inj menyebabkan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat dihilangkan.

Padahal, menurutnya, urusan keselamatan transportasi darat belum menunjukkan keberhasilan yang berarti dalam hal menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

“Angka kecelakaan lalu lintas tidak pernah turun drastis. Sementara institusi yang fokus mengurusi keselamatan justru dihilangkan. Tinggal tunggu waktu kapan “arisan nyawa” melayang akan terjadi terus menerus di jalan raya,” tegas Djoko.

Selain kecelakaan artis Vanessa Angel, pada Kamis (4/11) kemarin juga terjadi kecelakan lalu lintas di ruas Jalan Tol Cipali KM 113 yang menimpa rombongan guru besar Universitas Gajah Mada (UGM) mengakibatkan salah satu Dosen Fakultas Peternakan Gede Suparta Budisatria meninggal dunia.

Berdasarkan data dari Korps Lalu Lintas Kepolisan Negara Republik Indonesia (Korlantas), dalam 1 jam, 1-3 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Dalam sehari sekitar 80 orang tewas seketika di jalan raya. Korban terbanyak pesepeda motor (sekitar 75 persen). Belum lagi ditambah sejumlah korban akibat kecelakaan lalu lintas yang mengalami luka berat dan berujung meninggal dunia juga. Total bisa mencapai 120an orang meninggal dunia setiap hari karena korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads