alexametrics

Pemilik Mobil bisa Bernapas Lega, Ford Kembali Buka Dealer dan Bengkel

5 Agustus 2022, 17:36:05 WIB

JawaPos.com – Tahun yang boleh dikatakan berat bagi pemilik kendaraan Ford di Indonesia terjadi pada 2015. Pasalnya, merek asal Amerika Serikat (AS) itu melalui Ford Motor Indonesia (FMI) memutuskan hengkang, angkat kaki dari bisnis otomotif dalam negeri.

Bagi pemilik kendaraan yang ditinggal mereknya pergi, pulang kampung ke negara asalnya tentu jadi catatan kelam tersendiri. Seolah ditinggal induknya, merek yang tidak ada lagi perusahaan resmi yang menaunginya membuat layanan aftersales jadi tidak pasti.

Bingung mau service dan perawatan kendaraan dimana, membeli spare part asli dari mana dan pastinya, harga jual kembali jadi anjlok. Kendati layanan purna jual Ford kala itu dipastikan aman melalui perusahaan bernama RMA Group Indonesia, tetap saja, tidak adanya perwakilan brand Ford di Indonesia membuat pemilik ketar-ketir.

Ford di Indonesia juga tak lagi meluncurkan mobil baru. Namun sejak awal 2022 lalu, perlahan Ford mulai kembali. Juga melalui RMA Group dan Ford AK, Ford mulai kembali jualan mobil.  Hal ini dimantapkan lagi dengan pembukaan dealer atau showroom pertama di Jakarta setelah ditinggal pergi 2015 lalu pada Jumat (5/8). Paling tidak, pemilik Ford kini ada tempat pulang.

Country Manager RMA Indonesia Pinaki Mukherjee mengatakan, melihat catatan pertumbuhan RMA Group, pihaknya memproyeksi kalau masih akan secara masif melakukan ekspansi kerja sama dengan lebih banyak lagi mitra ritel. Ford AK Mampang misalnya, ini merupakan dealer kelima di Indonesia menyusul pembukaan sebelumnya di Banjarmasin, Balikpapan, Bandung, dan Medan.

’’Kami berupaya untuk terus menghadirkan kendaraan berkelas dunia dan memberikan pengalaman kepemilikan dengan standar Ford kepada seluruh pelanggan,” ujarnya, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (5/8).

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: