alexametrics

AC Baris Kedua Stargazer Termurah Tak Bikin Dingin, Hanya Kipas Udara

5 Agustus 2022, 20:09:48 WIB

JawaPos.com – Hadirnya sistem pendingin atau AC yang mumpuni jelas merupakan hal mutlak untuk mobil dengan kursi tiga baris atau tujuh penumpang. Biasanya, mobil kategori ini dibekali dengan AC pada baris kedua atau dikenal dengan double blower.

Embusan udara dari depan saja tidak cukup. Saat penumpang penuh, terlebih udara di luar kabin sedang panas terik, mobil tiga baris tanpa double blower sangat kurang nyaman. Bikin penumpang gerah.

Namun di pasaran, ternyata tak semua pabrikan roda empat menyematkan AC double blower pada mobilnya. Seperti contohnya Hyundai Stargazer yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Terungkap belakangan bahwa varian atau trim terendah Hyundai Stargazer tidak dibekali fitur AC double blower. AC baris kedua lebih mirip milik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yakni berupa kipas penyedot udara depan saja tanpa adanya evaporator atau mesin pendingin.

“Kami konfirmasi bahwa di tiga trim teratas terdapat roof Air Conditioner (AC) atau roof air conditioning sistem, di mana ada evaporatornya sehingga dapat menghasilkan udara yang dingin, bukan blower saja seperti yang terdapat di trim Active atau tipe terendah,” ucap Sugiartono, Technical Manager Before Service Department PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) di Jakarta.

Untuk diketahui, Hyundai Stargazer memiliki empat tipe atau trim, yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Khusus untuk trim terendah yakni Active hanya akan dibekali air circulator yang merupakan sebuah fan yang hanya mengeluarkan embusan angin saja.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: