alexametrics

Depresiasi Mobil Bekas Mitsubishi Xpander Masih Tergolong Rendah

4 Desember 2020, 23:36:50 WIB

JawaPos.com – Momen akhir tahun adalah saat yang tepat untuk membeli mobil bekas. Hal ini yang mendorong kembali menggeliatnya pasar mobil bekas, masih disegmen Low MPV yang banyak menjadi incaran konsumen.

Ya, seperti diketahui akhir tahun merupakan momen liburan, bahkan juga bonus perusahaan biasanya turun pada Desember setiap akhir tahunnya. Meskipun dalam masa pandemi peminat mobil LMPV bekas masih punya nafas walaupun tak sebaik tahun lalu.

Salah satu Low MPV yang banyak menjadi buruan konsumen di mobil bekas diantaranya adalah Xpander. Nama Mitsubishi Xpander dalam beberapa tahun terakhir memang jadi salah satu mobil yang cukup populer di ranah pasar otomotif nasional.

Diluncurkan pertama kalinya pada 2017 lalu, tidak butuh waktu lama bagi Mitsubishi Xpander untuk berhasil menyita perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini tak lain, karena sejak kemunculannya Xpander menjadi lawan terberat dari mobil sejuta umat, Toyota Avanza dari segi penjualan.

Tidak hanya karena masuk segmen Low MPV dengan kapasitas tujuh penumpang, sosok Mitsubishi Xpander juga tak lepas dari beberapa fakta menarik. Diantaranya tampil lebih modern dan memiliki fitur paling canggih di kelasnya, tak heran jika Mitsubishi Xpander sekejap menjadi mobil wajib keluarga Indonesia saat itu.

Menengok dari situs jual beli mobil terbaik Carmudi.co.id harga mobil bekas Xpander yang menjadi pencarian tertinggi bagi pemburu mobil pertama terutama saat menjelang musim mudik atau akhir tahun. Menurut hasil penelusuran menyebutkan bahwa Mitsubishi Xpander lansiran tahun 2018 merupakan yang paling banyak dicari.

Sejak awal tahun hingga akhir semester 2020 ini, pada listing mobil bekas Mitsubishi Xpander 2018 telah dicari oleh 11.399 orang. Jumlah tersebut terpaut jauh dengan peringkat ke dua, yakni Xpander 2017 yang hanya dicari oleh 5.086 orang saja. Untuk unit tahun 2019 sendiri relatif kecil yakni 388 orang saja. Ini disinyalir lantaran unit tahun 2019 memang masih sangat baru.

Harga mobil bekas Xpander cukup relatif, namun tidak mengalami depresiasi yang signifikan. Harga yang ditentukan oleh penjual di situs jual beli mobil Carmudi.co.id dirata-rata di angka Rp220 juta (Xpander 2017), Rp233 juta (Xpander 2018), dan Rp246 juta (Xpander 2019).

Menariknya, harga mobil Xpander 2019 didominasi oleh harga over kredit, alias sebagai barang limpahan dari mereka yang tidak sanggup melanjutkan cicilan (pengaruh pandemi).

Selain itu, harga mobil Xpander bekas diketahui juga banyak dicari di kota-kota besar di Indonesia. Dalam laman tersebut dikatakan  Jakarta yang paling banyak yaitu 6.824 users, Surabaya 2.686 users. Lalu disusul Medan: 1.055 users, Makassar: 621 users dan Bandung: 550 users.

Meskipun begitu, jumlah angka pencarian terhadap harga mobil bekas Xpander ini dinilai belum terlalu impresif. Hal ini disinyalir karena usia eksistensi Xpander yang tergolong masih sangat muda. Terlebih lagi soal harga bekasnya yang dianggap hampir sama dengan yang baru.

Ini yang menjadi alasan konsumen untuk memilih Xpander karena angka depresiasi tak signifikan selain jaringan aftersalesnya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Editor : Eko Putra


Close Ads