alexametrics

Eksplorasi Empat Hal Utama yang Harus Dilakukan di Mobil Hybrid

4 Desember 2019, 22:39:50 WIB

JawaPos.com – Di Indonesia baru memulai era mobil listrik maupun hybrid, meskipun hal ini masih belum murni berjalan sebagai mana mestinya. Namun ini nantinya akan menjadi suatu keharusan karena makin lama sumber minyak akan berkurang, selain itu pemerintah juga mendukung hal ini.

Bahkan beberapa Agen Pemegang Merek (APM) sudah ada yang menjual mobil listrik maupun hybrid. Salah satunya adalah PT Toyota Astra Motor (TAM) yang memasarkan kendaraan listrik jenis hybrid terbanyak di Indonesia.

Meskipun kehadiran kendaraan listrik jenis hybrid masih kurang mendapat sambutan positif dari konsumen di Indonesia. Ini dikarenakan kurangnya sosialisasi bagaimana kendaraan ini dimasa depan. Pemerintah maupun swasta saat ini sedang menyempurnakan bagian dari infrastrutur yang dibutuhkan.

Misalnya stasiun pengisian daya maupun bengkel perawatan yang dibutuhkan oleh konsumen nantinya. Menurut Deputy General Manager Marketing Planning PT TAM Andri Widiyanto, kurangnya pengetahuan tentang kendaraan listrik jenis hybrid menjadi pemicunya.

“Kami melihat bahwa konsumen itu sendiri kelihatannya masih belum banyak tahu tentang hybrid. Informasi kendaraan listrik (hybrid) masih minim,” ungkap Andri di sela kegiatan test drive mobil hybrid Toyota, beberapa waktu lalu.

Andri menyarankan calon konsumen maupun pelanggan agar melakukan eksplorasi empat hal utama di mobil hybrid Toyota sebagai bahan edukasi sekaligus untuk menambah pengetahuan. Empat hal itu adalah:

Merasakan Fun to Drive
Tidak sedikit konsumen bertanya apakah mengendarai mobil hybrid itu menyenangkan (fun to drive)? Jelas sangat fun to drive sebab dari segi akselerasi lebih mantap ketimbang kendaraan non hybrid.

Suara Senyap
Berhubung motor listrik yang lebih banyak bekerja maka mobil hybrid pastinya lebih senyap, bahkan nyaris tanpa suara. Dalam kabin kita bisa mengeksplor dan menikmati fitur entertainment yang disediakan. Kesenyapan ini juga memudahkan kita berkomunikasi dalam kabin.

Ramah Lingkungan
Mobil hybrid dibekali dengan dua sumber penggerak roda yakni dari mesin konvensional dan motor listrik. Saat berkendara maka motor listrik akan bekerja lebih banyak ketimbang mesin konvensional, sehingga mobil hybrid sangat ramah lingkungan.

Efisiensi Bahan Bakar
Berdasarkan hasil pengujian internal Toyota, mobil hybrid lebih hemat bahan bakar hingga 70 persen bila dibandingkan dengan mobil yang hanya mengandalkan sumber tenaga dari mesin bensin.

Editor : Eko Putra



Close Ads