alexametrics

Toyota Beberkan Senjata untuk Menyambut Kehadiran Hyundai Stargazer

4 Juli 2022, 08:05:01 WIB

JawaPos.com – Segmen MPV masih menjadi perebutan pasar bagi Agen Pemegang Merek di Indonesia, karena di segmen ini paling besar untuk porsi pasarnya. Bahkan tak lama lagi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berencana akan meluncurkan Stargazer sebuah mobil yang bermain disegmen MPV

Kehadiran Stargazer nantinya akan behadapan dengan Ertiga, Avanza, Veloz, Xpander serta Xenia di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Tak salah kalau rival Stargazer waspada mempersiapkan strategi berigutnya untuk tetap bisa bertahan bahkan kalau bisa melawan mobil LMPV besutan Hyundai.

Pasalnya, belajar dari kemunculan Hyundai Creta yang cukup berhasil menggoyang segmen Compact SUV yang melawan Honda HR-V dan kawan-kawannya. Seperti diberitakan sebelumnya Hyundai Stargazer akan menyajikan fitur-fitur canggih dengan banderol terjangkau.

Bahkan tampilan luarnya sangat fitiristik, bahkan banyak yang mengatakan kalau mobil ini adalah baby Staria. Anggapan Hyundai merupakan merek paling diperhitungkan dengan build-quality yang lebih baik dari merek Jepang.

Menanggapi terkait rencana kemunculan Hyundai Stargazer, Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) merasa percaya diri kalau nantinya Toyota bisa mempertahankan posisinya sebagai pemimpin segmen LMPV dengan beragam keunggulan Avanza dan Veloz.

Anton berujar kalau kehadiran kompetitor merupakan pertanda dari tren positif di pasar otomotif, yang memberikan ragam pilihan bagi konsumen.

“Pada saat market naik, ini akan menjadi kesempatan untuk semua brand termasuk untuk Toyota juga. Mungkin orang hanya melihat dari sisi kompetisi saja, tapi kita melihat dari peluang,” ujar Anton beberapa waktu lalu saat acara #safejakarta yang menjajal beberapa fitur Veloz.

Pria berkacamata ini meambahkan kalau Avanza dan Veloz memiliki nilai yang cukup unik untuk tetap menjadi yang terlaris dan membantu penjualan Toyota. Pasalnya kedua mobil tersebut menyasar segmen pasar yang berbeda sehingga jangkauannya lebih luas.

“Rata-rata dari brand lain mengandalkan satu fokus, tapi dari kami mengandalkan dua fokus. Avanza yang relatif lebih terjangkau, value for money. Veloz lebih premium dan high end, dengan fitur lebih banyak dan saya rasa salah satu fitur terbaik di segmennya,” papar Anton.

Bila melihat tampilan dan fitur bisa dikatakan kalau Toyota mengandalkan Veloz untuk melawan  ‘Stargazer   karena marketnya high-end dengan fitur-fitur teratas dan kekinian.

Menurut Anton bagi konsumen menengah ke bawah, masih menjadi ranah Avanza dan Xenia, pertimbangan harga menjadi point konsumen dalam menentukan pilihan. Memang harga Stargazer beum diketahui secara resmi apakah lebih mahal dibanding Avanza maupun Velosz.

Anton menambahkan untuk menghadapi Hyundai Stragazer ada banyak keunggulan yang diberikan Avanza dan Veloz dan akan sulit dilawan oleh kompetitornya, apalagi kompetitor yang baru hadir diantaranya  terkait brand image, jaringan servis, dan resale value. Bisa dikatakan ini adalah senjata pamungkas yang akan digunakan dalam meraih pasar.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini: