alexametrics

Motor Diisi Oli Baru tapi Jarang Digunakan Ternyata Simpan Risiko

4 Juli 2019, 10:00:45 WIB

JawaPos.com – Sepeda motor yang jarang digunakan ternyata kondisinya belum tentu baik-baik saja. Sebab meski oli diisi baru, motor harus dicek ke bengkel untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan atau menghindari kerusakan pada mesin.

Kebutuhan untuk berkendara memang berbeda untuk masing-masing orang. Ada yang punya motor untuk sekadar jarak dekat. Ada pula yang memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu, tapi jarang digunakan.

Ketika Anda butuh untuk berkendara lagi dengan motor yang sudah lama tak terpakai, harus waspada. Sebab, oli bisa saja basi dan malah menggumpal di dalam mesin. Kondisi tersebut berpengaruh negatif ke mesin, terutama bisa overheating.

“Basi mungkin enggak, tapi kebanyakan mengendap. Nah, ini malah bahaya, bisa bikin mesin cepat panas dan kotor,” ungkap Kepala Bengkel AHASS 6803 Bekasi, Ismail Shaleh saat berbincang dengan JawaPos.com.

Kondisi tersebut tentu harus jadi perhatian para biker. Dia menyarankan agar motor segera diganti oli meski sebenarnya tak pernah digunakan.

“Kalau saya menyarankan diganti saja, karena kadarnya bisa beda. Seperti yang saya bilang tadi. Karena sebenarnya mesin itu harus bekerja butuh pelumas yang kadarnya bagus,” tutup Ismail.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan



Close Ads