alexametrics

Warna Mobil yang Anda Pilih Berpengaruh dengan Harga Jual

3 Desember 2020, 23:43:52 WIB

JawaPos.com – Warna mobil yang Anda punya akan berpengaruh pada harga jualnya nanti. Belum banyak yang tahu kalau warna mobil bisa membuat mobil dihargai mahal namun tapi juga yang dihargai murah, kok bisa?

Ini menjadikan pertimbangan bagi Anda sebelum membeli mobil bekas ataupun mobil baru. Bukan hanya merek atau kondisi mobil yang mempengaruhi harga jual, tapi juga warna.

Memperhatikan warna yang bisa menaikkan resale value mobil Anda di kemudian hari bisa menguntungkan Anda. Akan tetapi, selain warna, kondisi mobil yang dijual akan jauh lebih menentukan harga jualnya.

Bagi Anda yang akan membeli mobil bekas, setelah menentukan warna, jangan lupa melakukan pengecekan mobil bekas secara menyeluruh sebelum menentukan pilihan, karena salah memilih mobil dengan kondisi buruk akan mengakibatkan kerugian yang jauh lebih besar ke depannya daripada salah memilih warna. Namun sebaiknya ketahui terlebih dahulu warna apa saja yang mempengaruhi harga jual mobil.

Warna Netral

Pada mobil yang mempunyai warna bodi abu-abu (silver), hitam, putih punya tempat tersendiri di hati banyak orang. Warna yang cenderung netral membuat mobil dengan ketiga warna tersebut banyak disukai. Tak perlu heran bila saat melihat banyaknya jumlah mobil dengan warna ini di jalanan.

Sebagai informasi mobil bekas tipe MPV, SUV atau premium khususnya akan memiliki harga jual yang relatif tinggi jika berwarna netral. Terutama mobil premium dengan warna hitam.

Bila Anda ingin membeli mobil kelas premium, ada baiknya memilih warna netral karena jika Anda memilih warna lain, ada kemungkinan besar resale value-nya akan mengalami penurunan yang banyak.

Warna Cerah

Pilihan warna yang cerah seperti hijau, kuning, dan merah punya andil besar dalam menggerek harga purnajual tipe mobil yang berukuran kecil seperti city car. Anehnya mobil bekas dengan ketiga warna ini lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan tipe serupa berwarna netral.

Naiknya harga mobil dengan warna tersebut diakibatkan oleh banyak peminat namun minimnya stok. Selain itu mobil dengan warna hijau, kuning, serta merah punya kesan catchy dan stylish yang cocok dengan mobil seperti Honda Jazz, Brio atau Toyota Agya.

Warna Identik dengan Merk atau model

Dalam mendapatkan resale value yang tinggi adalah membeli mobil dengan warna yang identik dengan model mobil incaran Anda. Misalnya saja warna merah atau putih untuk Honda Jazz. Bahkan beberapa pedagang mobil bekas menyatakan kalau harga jual Honda Jazz berwarna merah atau putih bisa naik sekitar Rp 5 juta-an.

Disisi lain memilih mobil dengan warna yang khas atau karakter dari pabrikan mobil tersebut. Misalnya bila Anda membeli mobil Mazda dengan warna Soul Red khas dari Mazda, ada kemungkinan besar harga jual mobil Anda akan lebih tinggi nantinya.

Editor : Eko Putra


Close Ads