alexametrics

Tentang Keyless Mitsubishi Xpander yang Jarang Orang Tahu

3 Desember 2019, 20:00:56 WIB

JawaPos.com – Apa mobil Low MPV yang saat ini lagi digandrungi masyarakat? Ya, jawabannya adalah Mitsubishi Xpander. Meskipun saat ini juga hadir Xpander Cross yang lebih gagah tongkrongannya.

Bicara tentang Xpander, selain desainnya kekinian mobil ini kaya akan fitur dari pabrikan. Salah satu fitur yang ada dalam Xpander adalah keyless entry dan start/stop button.

Seperti diketahui fitur keyless Mitsubishi Xpander ini memudahkan pengguna yang mau masuk ke dalam kabin tanpa mengeluarkan remote alarm. Hanya tinggal menekan tombol pembukanya saja.

Selama remote berada di dalam kantong pun, pengemudi tinggal langsung menekan tombol starter engine untuk menyalakan mesin. Ini sangan praktis dan mudah.

Akan tetapi bila ternyata fitur keyless Mitsubishi Xpander tidak luput dari masalah. Remote yang kemudian disebut Keyless Operating System (KOS) ini juga bisa menjadi bumerang ketika tidak bisa berfungsi dengan baik.

Lantas bila hal ini terjadi, ada cara yang harus dilakukan dalam mengatasi KOS yang tidak berfungsi. Saat kondisi normal, KOS hanya perlu dikantongi dan semua susai trek. Namun permasalahan KOS ini bisa langsung terlihat di layar MID Mitsubishi Xpander.

Pada layar, akan muncul informasi bila KOS tidak terdeteksi. Ini artinya keyless rusak atau hanya kehabisan baterai. Sesuai petunjuk yang muncul, cukup dekatkan remote keyless ke tombol start/stop engine agar sensor mendeteksi immobilizer pada remote.

Masalah berikutnya yang muncul saat keyless Mitsubishi Xpander tidak berfungsi sebelum masuk ke dalam kabin. Kalau pintu tidak mau terbuka sesuai fungsi keyless entry, Anda cukup menggunakan anak kunci yang berada di dalam remote-nya. Dengan begitu, fitur keyless tidak bisa digunakan dan kembali ke versi manual atau biasa.

Disarankan penggantian baterai KOS dilakukan di diler Mitsubishi saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun penggantiannya terlihat simpel, cukup bermodal obeng kecil dan baterai tipe coin (baterai jam) CR2032.

Mefungsikan Shift Lock Mitsubishi Xpander

Shift lock ini sangat berfungsi saat Anda parkir paralel di basement mall dan sebagainya. Meski tidak ada tombol khusus layaknya mobil transmisi matic lainnya, Xpander matic juga tetap bisa shift lock.

Caranya mudah, batang kunci cukup dimasukkan ke dalam lubang kecil di samping kanan posisi “P” tuas persneling. Pada posisi “P” dan mesin mati, tekan kuncinya kemudian pindahkan tuas ke posisi “N”.

Bila seperti itu Mobil sudah berada dalam posisi shift lock yang artinya mobil Xpander matic Anda dalam keadaan bebas (bisa didorong). Tanpa shift lock, mustahil mengunci mobil selama posisi tuas transmisi berada di “N”. Meskipun pintu terkunci dan posisi transmisi di “P”, mobil tidak bebas (tidak bisa didorong).

Hal ini memang sangat remeh, namun biasanya bagi pengguna mobil baru dan belum pernah menggunakan metik akan menjadi masalah dan panik.

Editor : Eko Putra



Close Ads