alexametrics

Baca Dulu Sebelum Memilih Yamaha XSR 155 atau Kawasaki W175

3 Desember 2019, 16:22:43 WIB

JawaPos.com – Sekarang bukan hanya Kawasaki yang mencoba peruntungan mengeluarkan model retro yaitu W175 untuk pasar roda dua di Indonesia. Yamaha juga tak mau kalah dengan resmi meluncurkan motor sport-naked bergaya retro yaitu XSR 155 kemarin (2/12). Menurut Yamaha konsep yang di usung adalah Born to be Free.

Di Tanah Air untuk model ini memang masih belum banyak pemainnya di kelas 200cc ke bawah. Jadi peluang untuk meraih pasar cukup besar. Selain itu konsumen mendapatkan pilihan baru untuk segi model, karena selama ini model modelnya selalu monoton atau tak jauh dengan desain futuristik.

Memang bila membandingkan keduanya secara tampilan bisa dikatakan bebeda, namun bila melihat konsep mempunyai kesamaan yaitu berbenang merah retro. Kawasaki W175 sangat kental dengan retro-klasik sementara untuk Yamaha XSR 155 terlihat retro dengan gaya Sport Heritage.

Konsep Desain

Seperti tertulis di atas keduanya mempunyai benang merah dengan mempunyai konsep desain retro. Akan tetapi Yamaha XSR 155 tampil lebih modern dengan menyematkan nuansa sport, ini terlihat dari guratan di bodinya. Sedangkan pada bagian belakang di desain menggantung layaknya scrambler, selain itu pelek roda sudah menggunakan model racing.

Sedangkan Kawasaki W175 sangat kental dengan kesan retro klasik dengan meninggalkan sentuhan modern di bodinya. Bahkan saking ‘retronya’ pihak Kawasaki tak memberikan instrumen analog indikator bensin. Kedua rodanya masih menggunakan pelek roda jenis jari-jari. Dengan tampilan ini W175 mempunyai julukan sebagai ‘Authentic Retro’.

Yamaha All New XSR 155 konsumen baru bisa membelinya tahun depan. (JawaPos – Eko Putra)

Fitur yang Diberikan

Kawasaki W175 memang totalitas memberikan nuasan retro klasik, hingga beberapa komponen yang digunakan masih terkesan jadul. Misalnya, masih menggunakan penerangan jenis bohlam dengan mika model reflektor.

Semenatar untuk Yamaha XSR155 yang juga membawa konsep retro banyak fitur modern. Misalnya tangki tear drop, lampu LED dengan desain membulat. Lalu ada panel instrumen full digital yang memuat banyak informasi mengenai kendaraan.

Kapasitas Mesin

Yamaha All New XSR 155 hadir dengan mesin Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC, 4 langkah. Mesin ini juga mengusung teknologi VVA. Tenaganya sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm.

Selain itu, motor ini juga telah memiliki fitur Assist & Slipper Clutch. Fungsinya membuat kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus.

Sementara mesin Kawasaki W175 memiliki kapasitas 177cc berpendingin udara. Sedangkan sistem pengabutan bahan bakarnya masih menggunakan karburator Mikuni VM24. Bicara masalah performa, Kawasaki W175 mampu menghasilkan tenaga 13 daya kuda serta torsi maksimum 13,2 Newton meter.

Kawasaki W175 salah satu motor klasik yang dipasarkan di Indonesia. (JawaPos.com – Eko Putra)

Harga

All New XSR 155 tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance serta di pasarkan seharga Rp 36.265.000 OTR Jakarta.

Kawasaki W175 tersedia dalam tiga warna yakni biru, silver, dan hitam. Harga Kawasaki W175 untuk OTR Jakarta memiliki harga Rp30,3 juta untuk varian biasa dan Rp 31,6 juta untuk tipe Special Edition.

Editor : Eko Putra



Close Ads