alexametrics

Mc Donald’s Lirik Bisnis Stasiun Pengisian Listrik Umum

3 Oktober 2019, 13:30:31 WIB

JawaPos.com – Restoran cepat saji Amerika Serikat (AS), Mc Donald’s, sebentar lagi tak hanya menjual menu ayam goreng, burger, atau kentang goreng. Raksasa kuliner berlogo huruf ‘M’ itu kabarnya juga akan menawarkan layanan pengisian listrik umum untuk kendaraan yang bertenaga listrik tentunya.

Sebagaimana dikutip JawaPos.com dari DesignBoom, Rabu (2/10), Mc Donald’s akan menawarkan layanan yang disebut sebagai Mc Charge, sebuah drive-thru stasiun pengisian listrik di Swedia. Hal tersebut tak lain karena jumlah mobil penumpang bertenaga listrik meningkat di Swedia.

Di negara Skandinavia itu, Mc Donald’s telah berkembang menjadi rantai restoran terbesar yang menyediakan layanan pengisian daya mobil listrik. Sebelumnya mereka juga telah memasang pos pengisian pertama pada awal 2009 dan sekarang diperhitungkan dengan 55 stasiun pengisian daya di seluruh negara Skandinavia itu.

Perluasan stasiun pengisian terus berlanjut karena Mc Donald’s memiliki tujuan untuk memasukkan stasiun pengisian listrik di semua restoran drive-thru miliknya.

Menurut survei yang dilakukan oleh Mc Donald’s, 48 persen pengemudi mobil listrik mengaku sulit menemukan stasiun pengisian. Untuk membuat transisi lebih terlihat dan mengangkat kebutuhan ekspansi infrastruktur pengisian di sepanjang jalan, Mc Donald’s memperbarui rambu klasiknya yang menunjukkan bahwa mereka memiliki layanan pengisian listrik.

Mc Donald’s dengan rambunya yang kini memiliki layanan stasiun pengisian listrik (DesignBoom)

Dalam upaya untuk memudahkan pengemudi mobil listrik untuk menemukan stasiun pengisian daya, Mc Donald’s telah memproduksi versi sendiri rambu-rambu yang mengarahkan pengemudi menuju ke stasiun pengisian daya restoran mereka.

Tanda-tanda pertama telah dipasang oleh restoran Mc Donald’s di daerah Mjölby dan Munkedal. Selain harga pengisian saat ini, rambu-rambu juga menunjukkan harga Mac besar (jenis burger Mc Donald’s) dan makanan enak saat ini, sehingga baik pengemudi maupun penumpang dapat mengisi ulang energi mereka sendiri saat mobil sedang mengisi daya.

Secara historis, Mc Donald’s memang diketahui sering terlibat dalam pengembangan infrastruktur pengisian di sepanjang jalan di Swedia. Semakin banyak orang memilih untuk bepergian dengan kendaraan listrik, dan restoran mereka merasa memiliki tanggung jawab untuk menjadi bagian dari pilihan berkelanjutan.

“Tanda kami adalah cara baru dan menyenangkan untuk melakukan hal klasik”, kata Christoffer Rönnblad, Direktur Pemasaran Mc Donald’s Swedia.

Sementara dilansir dari InsideEvs, perusahaan minyak seperti BP dan Shell kini juga mulai melirik bisnis stasiun pengisian listrik. Di Swedia, hotel kini ikut beraksi ambil bagian dari tren elektrifikasi dengan menyediakan stasiun pengisian listrik di area parkir.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads