alexametrics

Cerita Pemudik Gunakan Mobil Corolla Tua: Nggak Ada Takutnya!

3 Mei 2022, 09:41:20 WIB

JawaPos.com – Mudik adalah kegiatan seseorang pulang ke kampung halaman. Muncul sekali setahun, biasanya pada momen Lebaran Idul Fitri, mudik merupakan suatu fenomena sosial yang rutin dilakukan oleh anak perantauan.

Dalam bahasa Jawa, mudik merupakan singkatan dari mulih diluk yang artinya pulang ke kampung halaman sebentar. Dalam bahasa Betawi mudik adalah menuju Udik artinya menuju kampung atau pulang ke kampung.

Seperti alarm, atau juga sebuah isyarat, mudik menjadi hal yang wajib dilakukan anak rantau untuk kembali ke kampung halamannya saat merayakan Lebaran. Betapa tidak, sekali setahun, mudik Lebaran menjadi momen yang pas untuk temu rindu dengan sanak keluarga di kampung, di udik untuk saling bersilaturahmi, bermaaf-maafan di hari yang suci bagi umat Muslim ini.

Mengingat penting dan sakralnya perjalanan mudik, segala cara dilakukan untuk bisa sampai ke kampung halaman. Jumpa ibu, jumpa ayah, kakak, adik dan famili lainnya di kampung menjadi tujuan utama perjalanan mudik. Oleh karenanya, seberat apapun tantangannya pasti dilakoni.

Dua kali Lebaran tidak bisa melakukan mudik karena pandemi Covid-19. Sebab itu, di Lebaran Idul Fitri 1443 H tahun ini, setelah diperbolehkan oleh pemerintah, banyak yang kemudian “balas dendam” untuk segera melakukan mudik.

Rindu tak tertahankan. Pandemi membuat jarak yang sudah jauh, makin terasa jauh. Apapun dilakukan, pokoknya mudik!

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads