alexametrics

Beli Mobil Harga Murah Patut Curiga Bisa Jadi Bekas Banjir

3 Januari 2020, 19:57:14 WIB

JawaPos.com – Musibah banjir melanda wilayah Jabodetabek, banyak mobil terendam bahkan terseret arus derasnya air. Ini menyebabkan kerusakan parah pada mobil, baik itu bodi maupun mesin. Butuh biaya tak sedikit untuk mengembalikan kondisi mobil seperti semula.

Bagi pengguna asuransi hal ini mungkin tak masalah. Namun bagi yang tidak mengasuransikan mobilnya harus siap mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Biasanya bagi pemilik mobil bekas banjir akan lansung menjual mobilnya, baik setelah diperbaiki atau belum. Ini yang biasanya dimanfaatkan para pedagang untuk menawar harga murah.

Mobil yang masih rusak direstorasi hingga layak jalan dan di jual. Akan tetapi mobil bekas banjir sangatlah beresiko bila yang tidak paham mesin. Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas diharap berhati-hati tidak salah memilih mobil bekas banjir.

Jangan hanya melihat tampilan luarnya saja yang bagus, namun kondisi mesin juga harus diperhatikan. Perlu ketelitian dan kesabaran saat memilih mobil bekas, ada beberapa tips yang harus dipahami sebelum menentukan pilihan.

Mengecek Alamat Pemilik Mobil

Periksalah alamat pemilik mobil melalui STNK, apakah tinggal di daerah yang rawan banjir atau tidak. Namun tidak semua mobil di daerah rawan banjir terdampak banjir. Paling tidak ini bisa menjadi pertimbangan. Cek tahun pembelihan, apakah dari kurun waktu tersebut lokasi pemilik mobil pernah terjadi banjir.

Mobil Tercium Bau Tidak Sedap

Salah satu ciri mobil bekas yang pernah terendam banjir dan paling sulit dihilangkan adalah aroma atau bau tidak sedap pada bagian kabin. Jika tercium bau tidak enak seperti bau apek ataupun bau menyengat dari penggunaan zat penghilang bau kabin yang berlebihan, pewangi kabin, atau bau kopi, bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

Endapan Kotoran atau Lumpur

Membersihkan mobil bekas banjir bukanlah suatu hal, seringkali ada beberapa tempat yang terlewatkan oleh penjual. Maka dari itu kita harus jeli memperhatikan endapan kotoran atau lumpur yang tidak wajar pada sudut dan sela interior.

Kotoran ini terbawa air banjir yang masuk ke dalam interior mobil. Tempat-tempat yang perlu diperhatikan misalnya lubang kisi-kisi AC, sudut panel dan kabel di belakang dashboard, penutup speaker, sela-sela dan rel jok mobil.

Pastikan bawah jok kursi kemudi sentuh dengan tangan, bila jari-jari Anda ada yang menempel warna coklat bisa dipastikan mobil ini pernah terendam banjir. Selain pada interior, perhatikan pula kisi-kisi radiator mobil. Jika ada sampah yang tersangkut, sudah rusak atau tidak orisinil, ada kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir.

Periksa kelistrikan dan Perangkat Elektronik

Semua alat elektronik sangat rentan terhadap masalah jika terkena air, sama halnya dengan komponen elektrik pada mobil. Periksa setiap fungsi perangkat elektronik seperti lampu, audio, AC, wiper dan perangkat elektronik lainnya, pastikan semua berfungsi dengan normal.

Pastikan juga lampu indikator EPS (Electric Power Steering) pada dashboard tidak menyala. EPS adalah salah satu komponen elektrik yang sering rusak pada mobil bekas banjir.

Berkarat

Periksa eksterior, pastikan tidak ada karat yang tidak wajar atau menyeluruh pada body dan kolong. Pada interior, ada beberapa bagian yang perlu diperiksa, salah satunya adalah karat pada jok mobil dan pedal.Periksa dengan teliti hingga detail karat terkecil yang ada pada bagian tersebut.

Ciri lainnya bisa dilihat pada baut dan bumper yang terletak di rem tangan. Jika sudah basah atau berkarat, ini menjadi bukti bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

Oli Berwarna Putih

Ciri terakhir yang bisa diketahui jika mobil bekasnya pernah terendam banjir atau tidak adalah olinya berwarna putih (berwarna susu). Selain itu, juga terlihat karat pada bagian mesin dan bodi mobil. Ini harus Anda ketahui jika tidak ingin membeli mobil bekas yang terendam banjir.

Harga Terlalu Murah

Anda perlu curiga bila menemukan mobil bekas dengan harga yang sangat murah. Jangan terburu-buru untuk membelinya karena kemungkinan besar mobil tersebut merupakan mobil bekas banjir. Periksa terlebih dahulu dengan menanyakan beberapa penjual mobil bekas mengenai harga dari merek dan jenis mobil yang ingin Anda beli.

Ini menjadi penting, khususnya bagi mobil yang masih bergaransi. Jika terbukti mobil bekas yang ingin dibeli adalah bekas banjir, maka garansi tersebut akan hangus meskipun masalah kerusakannya tidak disebutkan secara detail.

Memang tidak mudah membeli mobil bekas dengan kualitas prima, banyak trik yang penjual gunakan untuk menutupi kekurangan mobil yang dijual. Akan tetapi, jika pembeli teliti dalam memeriksa, sebenarnya mobil bekas bisa diketahui kualitasnya. Cara yang lebih mudah dan aman adalah menggunakan jasa ahli yang sudah berpengalaman dalam melihat indikasi mobil bekas banjir

Editor : Eko Putra

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads