alexametrics

Hati-hati Mencuci Mesin Mobil, Ada Cara Aman Agar Kabel Tak Konslet

2 Agustus 2020, 11:43:34 WIB

JawaPos.com – Mengisi waktu luang dengan berkegiatan positif misalnya mencuci mobil memang sangat menyenangkan. Siapa yang tak suka kalau mobilnya terlihat keren tampilannya dan bersih.

Nah, namun ketika membersihkan bagian mesin Anda harus hati-hati. Walaupun tertutup, faktanya debu-debu halus bisa masuk ke area mesin, baik itu lewat celah kecil di sela-sela kap mesin. Atau bisa juga lewat ruang di bawah mesin yang tidak tertutup. Jika dibiarkan, debu ini akan menggunung dan menyebabkan mesin jadi kotor.

Meskipun hanya demu namun dampaknya besar, selain tidak enak dipandang, debu yang memenuhi area mesin bisa membuat kinerja mesin tidak optimal, bahkan rentan merusak komponen kelistrikan.

Tapi harus diingat juga, membersihkan mesin mobil tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda harus paham jika di area mesin terdapat juga beberapa komponen kelistrikan yang rentan konslet, baik itu sekring, pin sambungan kabel, ECU dan area kelistrikan lainnya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, pastikan Anda mengenali dulu mana area kelistrikan dalam mobil yang rentan menyebabkan konslet jika terkena air. Nah area tersebut harus diamankan dulu dengan dibungkus menggunakan plastik.

Tapi ingat, Anda harus membungkusnya rapi supaya air tidak masuk melewati celah pembungkus tersebut, misalnya dengan merekatkannya menggunakan lakban atau isolasi dan lainnya, termasuk membungkus kembali kabel yang terkelupas dengan isolasi berkualitas baik.

Setelah itu, proses pencucian bisa langsung dilakukan. Berikut merupakan beberapa langkah mencuci bagian mesin dengan baik dan benar. Guyur mesin dengan menggunakan air keran bertekanan rendah. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu yang menempel di bagian mesin, dan sela-sela yang sulit dijangkau.

Semprotkan cairan engine degreaser untuk merontokkan kotoran membandel. Anda bisa sedikit menyikat permukaan mesin secara perlahan dengan sikat halus. Pada bagian celah kecil, bisa menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai.

Bilas area mesin dengan cara menyemprot kembali menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotorannya, sekaligus membilas bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin. Jika Anda punya kompresor angin, gunakan untuk membersihkan sisa-sisa air yang terjebak di celah-celah sempit mesin.

Untuk menghindari timbulnya kerak alias watersport, diamkan mobil selama 2-3 jam (dalam posisi kap mesin terbuka) untuk memastikan bagian mesin kering sempurna. Lepaskan kembali pembungkus kabel (plastik) yang tadi Anda gunakan untuk menutup komponen kelistrikan mesin.

Sebaiknya proses pencucian ini dilakukan di ruang terbuka, tapi tidak terpapar sinar matahari secara langsung agar tidak merusak cat mobil. Setelah kering sempurna, nyalakan mesin mobil sambil mengecek semua komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, dari mulai headlamp, lampu sein, lampu hazard, lampu rem, klakson, dan bagian lainnya. Semoga bermanfaat.

Editor : Eko Putra

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads