alexametrics

Awas Bengkel Nakal! Ganti Freon AC Mobil Itu Enggak Mahal

2 Mei 2018, 19:56:30 WIB

JawaPos.com – Tarif penggantian freon AC mobil itu tidak mahal. Selain itu, cara penggantiannya juga harus dilakukan secara benar. Agar tidak terkecoh sebaiknya Anda wajib mengetahui tarif penggantian dan proses penggantian freon yang benar.

Pendiri bengkel AC CV Sejuk AC Sukses Abdul Rohim memberikan solusi sebaiknya freon dapat diganti setelah menempuh jalan sejauh 20 ribu kilometer. Hal itu disebabkan karena gas yang ada di dalamnya dikhawatirkan sudah tidak lagi berisi zat pendingin. Sehingga menyebabkan AC di dalam mobil tidak terasa sejuk.

“Paling tidak setelah gas itu muter di dalam mesin itu zat pendinginan sudah mulai berkurang. Ya tadi seperti yang per 20 ribu kilometer harus ganti,” kata dia saat ditemui JawaPos.com di Joglo, Jakarta Barat, Rabu (2/5).

Rohim juga menegaskan untuk pengisian freon sebenarnya tidak terlalu mahal. Terlebih lagi kabin mobil hanya menggunakan singel AC saja. “Kalau single itu Rp 250.000 sedangkan kalau double AC hanya Rp 350.000. Kalau mobil besar biasanya ada AC di atasnya nah itu yang disebut double AC,” lanjut Rohim.

Rohim menyarankan agar Anda memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan pengisian freon. Misalnya membuang isi freon sebelum menggantinya dengan yang baru.

“Aturannya saat mengisi freon itu isinya harus dibuang, evaporator dicuci, filter juga diganti. Kemudian sebelum isi freon di vakum dulu. Supaya hampa udara di semua instalasi. Diisi oli ke kompresor baru kemudian diisi freon,” katanya.

Menurutnya, proses seperti itu adalah cara terbaik yang wajib dilakukan untuk mengganti freon. “Terkadang bengkel asal tembak saja ngisinya. Meski asal tembak sebenarnya ujung-ujungnya dingin tapi tidak maksimal,” lanjut Rohim.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (ipy/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads
Awas Bengkel Nakal! Ganti Freon AC Mobil Itu Enggak Mahal