alexametrics

Dibantu Toyota, BMW Bakal Produksi X5 Bertenaga Hidrogen

2 April 2020, 23:05:11 WIB

JawaPos.com – BMW telah memikirkan kendaraan hidrogen selama bertahun-tahun. Merek Jerman itu bahkan sudah menguji coba sel bahan bakar Seri 7 selama pertengahan 2000-an. BMW kembali akan melakukan hal yang sama dengan menggunakan model X5 generasi saat ini.

Melalui siaran persnya, SUV mewah menengah itu dipastikan akan memiliki varian bertenaga hidrogen terbatas pada 2022 untuk dijadikan sebagai alat test pasar. Teknologi yang disebut sebagai i Hydrogen Next itu telah dipratinjau pada September lalu di Frankfurt Motor Show dan sekarang BMW bersedia berbagi lebih banyak detail tentang X5 yang ditenagai secara alternatif.

Berbicara tentang tenaga, total output sistem termasuk otot yang berasal dari powertrain listrik yang baru dikembangkan bersama dengan iX3 dan akan menjadi 369 tenaga kuda (275 kilowatt). Sistem sel bahan bakarnya menghasilkan energi listrik sebanyak 168 hp (125 kW) sebagai hasil dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen dari udara sekitar, dengan kendaraan hanya memancarkan uap air.

Ada dua tangki 700 bar dengan masing-masing memegang enam kilogram hidrogen yang dapat diisi ulang dalam 3-4 menit, jadi hampir sama dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bensin atau mobil diesel.

Mobil BMW X5 bertenaga hidrogen siap diproduksi terbatas pada 2022. (Motor1)

I Hydrogen Next berbasis X5 pada tahun 2022 hanya akan menjadi program percontohan dalam seri kecil. BMW menyebut hal itu untuk membuat teknologi sel bahan bakarnya tersedia pada skala yang lebih luas dengan memperkenalkan model produksi saat melewati 2025, asalkan akan ada cukup permintaan dan kondisi pasar yang memungkinkan.

Toyota terlibat dalam proyek ini karena kedua perusahaan telah berkolaborasi dalam sistem powertrain sel bahan bakar serta komponen modular yang dapat diskalakan untuk kendaraan sel bahan bakar hidrogen sejak 2013.

Merek Jepang itu sendiri diketahui telah menjual mobil sel bahan bakar hidrogen cukup lama dengan model Mirai 2015 dan akan memasuki generasi kedua pada akhir tahun ini.

Rumor mengatakan BMW tertarik meluncurkan X7 hidrogen listrik. Namun, masih terlalu dini untuk mengetahuinya karena BMW yakin kondisi saat ini belum cocok untuk produksi mobil dengan sel bahan bakar hidrogen.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads