alexametrics

Suzuki Ertiga Buatan Indonesia Jalani Tes Tabrak Sabet 4 Bintang

1 Desember 2019, 07:16:01 WIB

JawaPos.com – Pabrikan mobil merek Jepang yaitu Suzuki boleh tersenyum. Pasalnya Suzuki Ertiga tipe GX produksi Indonesia yang telah menjalani tes tabrak yang dilakukan oleh Global NCAP raih nilai hampir sempurna.

Hasil video tes tabrak tersebut sudah rilis di Youtube channel milik Global NCAP. Nilai bintang 4 merupakan catatan positif untuk masalah keselematan penumpang dewasa atau anak.

Sebagai informasi, sebelumnya juga telah dilakukan tes tabrak untuk LMPV tersebut namun produksi India dan hanya mendapat 3 bintang dari Global NCAP. Total ada dua buah kantung udara untuk penumpang yang berada di kabin depan.

Dalam keterangan tertulisnya disebutkan kalau ini adalah penilaian kedua pada Ertiga di bawah protokol 2017-2020. Suzuki Ertiga baru mendapatkan skor keseluruhan 65,41 poin yang membuatnya memenuhi syarat untuk menerima peringkat empat bintang ASEAN NCAP.

Suzuki All New Ertiga buatan Indonesia raih 4 bintang setelah menjalani tes tabrak. (JawaPos.com – Eko Putra)

Dalam rician nilai yang diraih Suzuki Ertiga tipe GX produksi Indonesia untuk perlindungan pengemudi dan penumpang dewasa, mendapatkan poin 25,67 dari total 36,00. Akan tetapi sebagai catatan untuk tabrak depan daerah dada dan kaki, serta tabrak samping, aspek keselamatannya perlu mendapatkan peningkatan.

Sedangkan untuk penilaian keselamatan anak, mencatatkan angka 36,95 dari 49,00 poin. Tak ada catatan untuk penilaian tes tabrak depan dan samping. Karena adanya safety belt reminder, Ertiga menggondol poin 3,00 dari 6,00 untuk penilaian sistem pengingat teknologi keselamatan. Serta ada juga kelengkapan keselamatan berupa dual airbags, jok ISOFIX, serta sabuk keselamatan tiga titik tiap baris.

Pada fitur teknologi keselamatan, mobil ini mendapat poin rata-rata, karena telahdilengkapi ABS dan kontrol stabilitas, nilai keefektivitasannya 4,85 dari 8,00.

Dari rangkaian keseluruhan uji tabrak yang pernah dilakukan, meningkatkan aspek keselamatan anak yang dulu cuma diganjar dua bintang. Ini artinya pihak Suzuki sangat konsen dalam memperhatikan peningkatan fitur dalam hal yang terkait keselamatan penumpang.

Editor : Eko Putra



Close Ads