alexametrics

BMW Akhirnya Ungkap Rahasia Mesin Big Boxer 1.800 CC yang Baru

1 Desember 2019, 15:46:39 WIB

JawaPos.com – BMW diketahui sedang mengembangkan mesin Boxer terbesarnya yang baru. Detail seputar mesin anyar itu akhirnya terungkap setelah menjadi rahasia selama beberapa waktu.

Dalam siaran persnya, BMW kini membuka dan berbagi rincian tentang mesin baru itu. Mesin yang disebut sebagai Big Boxer itu pertama kali terlihat dalam sepeda motor konsep BMW R18.

Sepeda motor itu diketahui tengah menuju produksi dan akan meluncur 2020 mendatang. Namun, sekarang, mesin yang menenagai motor Cruiser itu diketahui memiliki kubikasi sebesar 1.802 CC.

BMW R8, motor Cruiser baru dari BMW yang akan menggunakan mesin Boxer anyar dengan kubikasi 1.800 CC. (RideApart)

Mesin yang dibulatkan CC-nya menjadi 1.800 itu memiliki dua silinder. Berkonsep Boxer tentunya. Kedua silinder memiliki lubang 107 mm dan piston aluminium, stroke 100 mm. Blok itu sendiri berbobot 110 Kg termasuk transmisi dan sistem intake.

Katup kepala atas engine dengan set camshaft ganda diinspirasi oleh Boxer awal BMW seperti yang ditemukan pada 1936 R5. Untuk menghindari getaran berlebihan dari poros engkol yang disebabkan oleh volume besar silinder, bantalan tambahan telah ditambahkan di tengah poros.

Mesin Boxer baru dari BMW. (BMW)

Bagaimana dengan tenaganya? Dengan kubikasi sebesar itu, tentu mesin anyar ini tak boleh dianggap remeh di sektor tenaganya. Mesin dikatakan dapat menghasilkan daya 67 kW atau 91 tenaga kuda dan torsi 116,5 pon pada 3.000 rpm. BMW menambahkan bahwa mesin akan mencapai 5.750 rpm.

Soal desain mesin, seperti bisa dilihat pada gambar, mesin motor ini membawa desain khas BMW Boxer. Sementara untuk ketersediaan BMW R18, di mana mesin ini akan ditempatkan masih belum diumumkan.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads