alexametrics
Laporan Langsung Wartawan Jawa Pos dari Tokyo

Nissan Ariya, Isi Pasar Mobil Listrik Premium

Tokyo Motor Show 2019
1 November 2019, 20:02:16 WIB

JawaPos.com – Sebagai produsen mobil listrik papan atas, Nissan tampil all-out memamerkan kendaraan ramah lingkungan dalam Tokyo Motor Show 2019. Di ajang dua tahunan itu, Nissan menampilkan produk konsep electric vehicle (EV) sarat fitur masa depan. Produk konsep pertama yang menjadi highlight di booth Nissan adalah SUV Crossover Ariya.

”Model ini dikembangkan dari basis iMX yang kami tampilkan pada TMS sebelumnya,” ujar Senior Vice President for Research and Development Nissan Kunio Nakaguro. Nissan selama ini memang cukup sukses menginvasi pasar mobil listrik dengan Leaf.

Kini dengan Ariya, Nissan membuktikan bahwa pihaknya juga siap mengisi pasar EV premium. Dapur pacu Ariya akan dibekali motor listrik yang jauh lebih canggih daripada yang ada saat ini, termasuk yang terpasang di Leaf.

Nissan Ariya mengusung dua motor listrik sekaligus. Satu untuk menggerakkan axle depan, satu lagi untuk menggerakkan axle belakang. Disebutkan, motor listrik berdaya tempuh 482 kilometer dalam sekali cas itu mampu melesatkan mobil dari 0–100 km/jam dalam waktu kurang dari 5 detik. Catatan waktu tersebut sudah mendekati standar akselerasi super car yang rata-rata mampu melahap 0–100 km/jam dalam waktu 3–5 detik.

Nakaguro menegaskan bahwa Ariya akan dibekali sistem autonomus atau yang Nissan sebut Propilot. Ariya akan mengadopsi Propilot 2 yang artinya setingkat lebih canggih daripada Propilot 1 yang dikenalkan Nissan sebelumnya.

”Konsep ini akan terus kami kembangkan dan harapannya bisa menyentuh lini produksi pada tahun 2021,” papar Nakaguro.

Selain Ariya, Nissan memamerkan IMk concept. Lain tema dengan Ariya, IMk bermain di segmen city car dengan desain yang compact. IMk mengusung bentuk yang lebih mainstream jika dibandingkan dengan Ariya. Eksteriornya tak jauh dari standar mobil keluarga yang punya bentuk boxy karena mengedepankan space interior yang lega.

Hanya, grill depan sudah dibuat sangat futuristis dengan balutan LED yang melintang sepanjang grill. Sama dengan Ariya, IMk bakal dilengkapi dengan Propilot 2.

”Kami menyebutnya sebagai ultimate urban commuter. Model ini dibangun dari desain platform yang benar-benar baru,” ujar Nakaguro.

Sebagai pelengkap mobilitas sehari-hari, IMk juga dibekali kemampuan remote park yang memungkinkan mobil parkir secara otomatis. Mobil juga dapat menghampiri pengemudi dari tempat parkir hanya melalui perintah smartphone.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (agf/c10/oki)



Close Ads