alexametrics

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5, Moblis Pertama Diproduksi di Indonesia

1 April 2022, 17:04:46 WIB

JawaPos.com – Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, PT Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan Ioniq 5. Ini merupakan mobil listrik (moblis) mid-size terbaru dari Hyundai yang merupakan rakitan lokal.

Kehadiran Ioniq 5 ini diklaim menjadi sebuah gebrakan baru dan langkah bersejarah di industri otomotif Tanah Air karena menjadi mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi secara masal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Ioniq 5 menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

Penasaran dengan speknya? Secara look, Ioniq 5 memiliki tampilan yang progresif dan terlihat merepresentasikan kendaraan futuristik. Look Ioniq 5 secara keseluruhan terlihat mirip dengan Hyundai Pony, mobil Hyundai pertama di dunia yang dilahirkan pada tahun 1974.

Ketajaman karakter Ioniq 5 sudah terlihat dari sisi depan kendaraan yang dilengkapi dengan Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LEDs. Selain itu, kap mesin tipe clamshell membuat Ioniq 5 dapat mengoptimalkan sisi aerodinamika berkendara.

Di sisi belakang, Ioniq 5 menampilkan ciri khasnya sebagai kendaraan berdesain modern dengan Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps disertai dengan bentuk spoiler yang aerodinamis. Di sisi samping, gagang pintu Ioniq 5 menggunakan tipe Flush Door Handles yang terlihat rata dengan body saat mobil dalam posisi terkunci.

Flush Door Handles ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan bekerja otomatis pada tipe Signature. Desain dinamis yang menonjol juga ditunjukkan lewat konsep Parametric Dynamics, yaitu sebuah desain garis yang seakan membuat pintu baris pertama menyatu dengan pintu baris kedua.

Untuk pengalaman berkendara, Hyundai mengklaim telah menyiapkan serangkaian teknologi yang menghadirkan pengalaman unik bersama Ioniq 5. Seperti lini produk kendaraan listrik Hyundai lainnya, Ioniq 5 juga dilengkapi dengan regenerative braking system, yaitu sebuah sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: