alexametrics

Pasar Smartwatch Global, Apple Masih Tak Terkalahkan

30 November 2021, 23:53:11 WIB

JawaPos.com – Firma riset pasar
Counterpoint baru-baru ini mengumumkan laporannya terkait kondisi pasar jam tangan pintar atau smartwatch secara global untuk periode kuartal ketiga (Q3) 2021.

Menurut laporannya, diketahui bahwa pengiriman pada kuartal tersebut tumbuh 16 persen Year-on-Year (YoY). Dengan demikian, ceruk pasar kategori perangkat Internet of Things (IoT) ini dikatakan terus mempertahankan tren pertumbuhan yang signifikan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Dalam laporannya, Counterpoint menyebut, Apple dengan perangkat Apple Watch-nya masih menjadi pemain utama yang mendominasi pasar. Secara global, Apple Watch dikatakan berhasil menyumbang 21,8 persen dari seluruh pasar dan menempati peringkat pertama.

Meski masih belum terkalahkan, sayangnya data tersebut menunjukkan bahwa pangsa pasar Apple Watch periode ini justru menurun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal ini dikarenakan keterlambatan pengiriman produk Apple Watch Series 7.

Samsung berada di peringkat kedua. Berkat peluncuran model seri Samsung Galaxy Watch 4, pangsa pasar merek asal Korea Selatan (Korsel) itu dikatakan berhasil meningkat dari 9,9 persen menjadi 14,4 persen. Hal ini pun turut membantu perusahaan asal Korea tersebut melompat ke posisi kedua.

Seri jam tangan pintar Amazfit Huami Technology memiliki momentum pengembangan yang baik, menempati peringkat ketiga dengan pangsa 5,8 persen. Hal ini disebabkan peningkatan penjualan Amazfit di pasar Eropa.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads