alexametrics

Sony a7S III Dikabarkan Bawa Fitur Video 4K/120p dan Sistem Pendingin

30 September 2019, 13:46:07 WIB

JawaPos.com – Pengguna Sony sudah lama menunggu penerus kamera a7S II. Perangkat yang dimaksud adalah Sony a7S III generasi teranyar. Dikutip dari PetaPixel, Senin (30/9), menurut laporan terbaru dari sumber yang menggunakan prototipe dari a7S III, penantian user Sony mungkin benar-benar sepadan.

Pasalnya, kamera mirrorless Sony teranyar itu akan memiliki pembaruan yang mumpuni. Laporan tersebut berasal dari Sony Alpha Rumours (SAR) yang mengklaim bahwa sumber yang dapat diandalkan mengatakan kepada mereka bahwa Sony berencana untuk merilis penerus a7S II dengan kipas bawaan atau sistem pendinginan built-in. Tak hanya itu, kemampuan untuk merekam video 4K/120p juga akan hadir pada kamera anyar tersebut.

Semua orang memang mengharapkan 4K/60p, tetapi jika Sony dapat membuat 4K/120p menjadi nyata di generasi a7S terbaru, hal ini tentu akan menarik. Bocoran tersebut sekaligus mengamini bahwa lini Sony a7S baru belum akan membawa kemampuan perekaman video 8K.

Ilustrasi: sistem pendingin kamera built-in. (PetaPixel)

Sony memang tidak akan menjadi yang pertama untuk menempatkan pendinginan aktif dalam kamera mirrorless full-frame untuk keperluan pengambilan video kualitas sangat tinggi. Panasonic sudah melakukannya dengan S1H-nya yang dapat merekam video 6K/24p dan 4K/60p dalam 10-bit 4:2:0. Meski begitu, Panasonic S1H belum berhasil memecahkan 4K/120p.

Awalnya Sony a7S III akan dirilis tahun lalu. Namun, Sony tampaknya membatalkan untuk memastikan perangkat mereka bisa mengungguli kamera mirrorless full-frame dari Nikon, Canon, dan Panasonic.

Memang prototipe yang diklaim sumber SAR telah terlihat beberapa bulan yang lalu dan mungkin telah berubah sekarang mengingat pengembangan terus berjalan. Tetapi sepertinya tujuan Sony adalah untuk merilis raja kamera hybrid berikutnya.

Jika Sony berhasil mengemas video 4K/120p ke dalam a7S III bersama dengan beberapa fitur fotografi low-light lainnya dan spesifikasi video ultra-high-end, hal tersebut tentu patut ditunggu oleh para pengguna kamera Sony a7 Series.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads