alexametrics

5 Gadget yang Wajib Dibawa untuk Mudik Lebaran, Jangan Lupa Ya!

30 Mei 2019, 18:31:28 WIB

JawaPos.com – Musim mudik Lebaran 1440 Hijriah telah tiba. Sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri, aktivitas pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya dengan berbagai moda transportasi mulai terasa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perjalanan mudik Lebaran selalu ditunggu-tunggu para perantau yang ingin kembali pulang ke rumahnya. Beragam transportasi dipilih untuk bisa sampai ke kampung halaman. Mulai dari menggunakan pesawat, kapal laut, kendaraan pribadi roda dua atau empat, bus hingga kereta api.

Selama perjalanan mudik pun tentunya butuh waktu yang lumayan lama. Belum lagi jika terkena macet kendaraan. Namun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Agar perjalanan mudik semakin asyik, berikut rekomendasi gadget yang bisa kamu bawa untuk menemani momen mudik Lebaran kamu.

Smartphone dan Tablet

Pertama, gadget wajib yang tentu harus kamu bawa dan tak mungkin tertinggal adalah smartphone. Selain berkomunikasi, smartphone kini bisa menjadi apapun semisal fungsi hiburan untuk musik dan video, mengambil momen dengan kamera, membantu perjalanan dengan peta digital, hingga fungsi religi dengan Alquran digital di dalamnya.

Smartphone tentunya tak mungkin kamu tinggalkan, bukan? Apa jadinya jika kamu meninggalkan smartphone kamu saat mudik? Dijamin mati gaya. Fungsi keuangan modern juga bisa dilakukan lewat smartphone semisal menggunakan aplikasi E-Wallet untuk membeli buah tangan yang tersedia di sepanjang jalur mudik.

Selain smartphone, kalau kamu ingin membawa yang lebih besar juga boleh. Dia adalah tablet. Fungsinya hampir sama dengan smartphone. Namun dengan tablet, kamu bisa berbagi lebih banyak dengan sekitar atau sanak keluarga di kampung. Misalnya saja menonton film bersama, mengaji bersama dengan Alquran digital, bermain game hingga banyak lagi. Smartphone dan tablet wajib kamu bawa dan berada di urutan pertama untuk gadget yang tak boleh ditinggalkan.

Earphone

gadget wajib yang harus dibawa saat mudik. (RianAlfianto/JawaPos.com)

Kedua, gadget yang wajib kamu bawa saat mudik lebaran adalah earphone, headset atau apapun penamaannya. Intinya perangkat tersebut juga tak boleh tertinggal. Beberapa fungsi dari smartphone dan tablet seperti sudah kami singgung di atas bisa semakin maksimal dengan tambahan earphone.

Earphone kini tersedia beragam di pasaran. Berbagai merek bisa dijumpai dengan range harga ekonomis hingga yang menguras kantong pun ada. Variannya juga banyak, mulai dari yang konvensional dengan masih menggunakan kabel hingga yang ringkas dengan koneksi Bluetooth bisa kamu pilih. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Namun perlu diingat, penggunaan earphone hanya untuk penumpang saja. Maksudnya, bagi kamu yang mengendarai motor maupun mobil tidak disarankan, ya!

Powerbank

gadget wajib yang harus dibawa saat mudik. (RianAlfianto/JawaPos.com)

Ketiga yang juga wajib ada di tas maupun saku kamu ketika menempuh perjalanan mudik adalah perangkat pengisian daya portabel, powerbank. Apa jadinya jika gadget yang kamu bawa mati karena kehabisan baterai? Tentu jadi tak berguna, kan? Karenanya membawa powerbank juga penting saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Untuk powerbank, kami sarankan jangan membawa yang abal-abal. Pasalnya, di pasaran beredar barang palsu yang mungkin justru akan membahayakan kamu dan gadget kamu. Belilah yang asli di authorized dealer terpercaya dengan jaminan garansi resmi. Jika belum punya dan berencana membeli, jangan tergiur dengan harga yang tidak wajar. Misalnya murah namun menawarkan daya yang besar.

Untuk powerbank, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah dayanya. Bagi kamu pemudik dengan pesawat membawa powerbank tak boleh lebih dari 10.000 mAh ukurannya. Bawa seperlunya saja. Bijak menggunakan gadget semisal smartphone atau tablet di perjalanan mudik juga berdampak pada efisiensi dayanya.

Charger Portabel Kendaraan

gadget wajib yang harus dibawa saat mudik. (Amazon)

Selain powerbank, membawa charger portabel kendaraan juga bisa menjadi pilihan. Ini berlaku bagi kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi roda empat atau mobil. Charger portabel di sini adalah charger dengan kepala daya port lightning atau ‘colokan korek api’ yang ada di mobil. Ini bisa menjadi solusi selain menggunakan powerbank di dalam mobil.

Sama seperti memilih powerbank, memilih charger portabel untuk mobil juga tak boleh sembarang. Beberapa kasus karena charger portabel abal-abal justru merugikan pengguna dengan malah merusak mobil atau gadget kamu sendiri. Lagi-lagi, belilah yang asli dengan garansi resmi. Di pasaran tersedia beragam varian, mulai dari yang single port hingga multiport untuk berbagi dengan penumpang lain di dalam mobil.

Kamera Aksi

gadget wajib yang harus dibawa saat mudik. (RianAlfianto/JawaPos.com)

Terakhir, gadget yang bisa kamu bawa versi JawaPos.com untuk menemani perjalanan mudik hingga merayakan kebersamaan bersama keluarga di kampung halaman adalah kamera. Kamera yang kami maksud adalah kamera aksi. Mengapa bukan kamera biasa saja seperti kamera DSLR, mirrorless, ataupun kamera saku? Jawabannya itu semua sudah bisa diwakili oleh smartphone.

Kamu boleh membawa kamera biasa, jika kamu memang butuh untuk mengambil gambar yang sempurna seperti pemandangan dan objek lainnya. Namun kalau hanya berfoto bersama dengan keluarga saja kamera smartphone sudah cukup. Alasan keringkasan membuat beberapa orang lebih memilih smartphone ketimbang kamera konvensional.

Sementara untuk kamera aksi, kamu mendapatkan keuntungan lebih dengan kamera yang bisa diajak berkegiatan lebih ekstrem. Kamu mau berenang bersama keluarga, main di pantai, mandi di sungai atau air terjun bisa memanfaatkan kelebihan kamera aksi. Kecil, mungil, namun tahan banting dan tahan air. Pilihan kamera aksi di pasaran juga beragam, tinggal disesuaikan dengan budget kamu jika ingin membelinya. Tapi kalau sudah punya, bisa langsung kamu bawa.

Demikian rekomendasi gadget yang wajib kamu bawa di masa mudik Lebaran. Namun perlu diingat, esensi dari perjalanan mudik Lebaran adalah silaturahmi. Batasi penggunaan gadget tadi dan jangan sampai gadget justru menjadi jarak pemisah antara kamu dan keluarga. Selamat berlebaran.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads