alexametrics

Oppo Kenalkan Smartphone Berteknologi Kamera di Balik Layar

28 Juni 2019, 17:04:00 WIB

JawaPos.com – Gelaran Mobile World Congress (MWC) Shanghai di Tiongkok menjadi saksi lahirnya teknologi kamera di balik layar pertama oleh Oppo. Pada gelaran tersebut, Oppo memamerkan teknologi yang disebut under screen camera (USC) yang belakangan menjadi pembicaraan di kalangan pencinta gadget.

Teknologi USC yang dipamerkan Oppo harusnya bisa menjadi jawaban atas solusi layar smartphone lebar tanpa menggunakan perangkat mekanik untuk kamera pop-up. Pun dengan cara lain seperti melubangi layar atau menggunakan notch seperti yang banyak beredar sekarang.

Manajer Produk di Oppo Qiao Jiadong menyebut, Oppo berkomitmen terhadap inovasi produk dan teknologi yang menciptakan pengalaman lebih mendalam dan komprehensif bagi penggunanya. “USC adalah bagian dari visi Oppo untuk masa depan yang bertujuan untuk mempromosikan evolusi teknologi industri,” ujarnya saat memamerkan teknologi USC Oppo pada acara MWC Shanghai.

Lebih jauh, dirinya mengklaim, Oppo juga melihat inovasi teknologinya sebagai cara untuk memperluas imajinasi sambil membuka berbagai kesempatan. “USC adalah inovasi terbaru Oppo dalam faktor bentuk ponsel cerdas generasi baru,” imbuhnya.

Dengan mengintegrasikan kamera depan dan layar, USC memberi pengguna tampilan yang luas dan layar imersif. Ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat dan menangkap seluruh layar, mengambil foto, menggunakan pembukaan kunci wajah, dan melakukan panggilan video.

Sebagai solusi tampilan bawah layar terbaru Oppo, USC menampilkan modul kamera khusus yang dapat menangkap lebih banyak cahaya seperti kontrol zonasi digunakan pada layar, bersama dengan material transparan yang dapat meningkatkan transmisi cahaya melalui layar.

Selain itu, melalui sebuah algoritma yang dikustomisasi oleh Oppo, seperti algoritma untuk penghilangan kabut dan algoritma untuk white balance, USC memungkinkan pengalaman fotografi yang lengkap serta dapat membawa fitur-fitur pendukung seperti mode kecantikan cerdas dan filter foto di masa depan.

“Karena smartphone menawarkan lebih banyak fungsi saat ini, pengguna memiliki permintaan yang lebih tinggi untuk tampilan layar yang lebih luas dan memberikan pengalaman baru. Dari layar tetesan air, struktur pivot camera, hingga teknologi USC yang diumumkan hari ini, OPPO telah mengeksplorasi sebuah keseimbangan terbaik pada desain perangkat yang tipis dan ringan serta layar penuh,” jelasnya.

Kendati Oppo sudah memamerkan teknologi tersebut, pihaknya masih belum bisa menjelaskan kapan smartphone dengan USC akan hadir di pasaran. Selain Oppo, diketahui vendor lainnya yakni Samsung dan Xiaomi juga sedang menggarap teknologi serupa.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads