alexametrics

Pria Ini Jadikan Game Pokemon Go Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

25 Januari 2020, 22:26:22 WIB

JawaPos.com – Dulu, bermain game kerap dipandang sebagai kegiatan yang tak bermanfaat, membuang waktu dan membuat seseorang menjadi malas. Kini, bermain game malah dapat dijadikan sebagai pekerjaan, mendapatkan penghasilan dan prestasi atau bahkan sarana olah raga untuk kebugaran jasmani.

Salah satu yang berhasil membuat game menjadi sebuah kegiatan positif adalah Tommy Monkhouse. Dia adalah gamer Pokemon Go, game berbasis Augmented Reality (AR) yang mengharuskan pemainnya terus bergerak untuk mendapatkan monster Pokemon di tempat-tempat tertentu. Karena itulah Tommy berhasil menjadikan game Pokemon Go sebagai sarana diet.

Sebagaimana dikutip dari CultOfMac, Sabtu (25/1), karena game Pokemon Go yang mengharuskannya terus bergerak, Tommy jadi bisa menurunkan berat badannya secara drastis. Dirinya berhasil menurunkan berat badan hingga 140 pound atau setara dengan 63,5 Kg dalam satu tahun hanya dengan bermain game dan berjalan untuk berburu Pokemon.

“Saya merasa lebih kuat secara mental, saya merasa lebih kuat secara fisik, saya merasa saya bisa bahagia,” ujar Tommy yang juga seorang mahasiswa film dan TV di University of Greenwich di London, Inggris.

Kisahnya adalah contoh utama tentang bagaimana game dapat memiliki dampak yang sangat positif pada kehidupan seseorang.

Tommy sudah memutuskan dia perlu menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Dia melihat foto dirinya sendiri suatu hari dan tidak lagi mengenali siapa dirinya. Tapi dia tidak yakin bagaimana dia akan membuat perubahan yang dia butuhkan.

Seorang teman menyarankan bermain Pokemon Go. Tommy adalah penggemar Pokemon sejak usia dini dan kini, lewat game Pokemon Go, ternyata itu adalah jawaban yang dia butuhkan atas upayanya menurunkan berat badannya.

Ketika Tommy mulai bermain Pokemon Go, dia memberi tahu ibunya bahwa dia ingin pergi keluar berjalan-jalan, dan diharapkan akan pulang setelah 20 menit. Namun nyatanya setiap bermain Pokemon Go, Tommy berjalan hampir selama tiga jam.

“Aku melewati perjalanan yang luar biasa ini di kepalaku. Jika saya bisa melakukan ini dalam tiga jam, apa yang akan terjadi, katakanlah, seminggu, sebulan, setahun?” kata Tommy mencoba mengingat masa awal saat dia bermain Pokemon Go.

Perubahan dimulai dengan cepat. Butuh waktu sekitar satu bulan untuk menyadari bahwa berat badannya mulai turun. “Saya memperhatikan ada sedikit perubahan dan pakaian tidak terlalu pas. Saya kemudian memperhatikan bahwa saya semakin sedikit kehabisan nafas saat saya keluar bermain game,” kata Tommy.

Tommy merasa lebih bahagia. Ia bisa menyaksikan dirinya berubah dari orang yang sangat besar (kelebihan berat badan) dan tidak bahagia dengan hidupnya menjadi lebih bahagia, sehat dan kuat.

“Pada awalnya permainan itu sendiri yang memotivasi saya, memberi saya kesempatan untuk memainkan sesuatu yang saya sukai dan menikmati melakukan sambil melakukan sesuatu yang baik untuk diri saya sendiri,” ungkapnya.

“Tapi kemudian setelah melihat berapa banyak (berat) yang hilang, saya membuat keputusan sadar untuk terus bermain, untuk terus membuat dampak positif pada hidup saya,” lanjut Tommy.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads