alexametrics

Nikon akan Rilis Kamera Mirrorless Termutakhir, Lebih Keren dari Z7

24 Juni 2019, 13:14:49 WIB

JawaPos.com – Nikon D5 masuk sebagai kamera teratas perusahaan yang ditujukan untuk para fotografer profesional. Sementara untuk di kategori kamera mirrorless, Z7 menempati kelas paling atas saat ini, berada di puncak seri Z di atas Z6 tingkat menengah.

Namun dalam waktu dekat, sebagaimana JawaPos.com kutip dari PetaPixel, Rabu (19/6), Nikon Z7 sebentar lagi tak akan menjadi kamera mirrorless paling wah dari Nikon. Pasalnya, pabrikan Jepang itu dikabarkan tengah bersiap meluncurkan mirrorless paling mutakhir dari Z7 dalam waktu dekat.

Presiden Nikon Toshikazu Umatate mengonfirmasi rencana perusahaan untuk meluncurkan kamera mirrorless kelas atas tersebut. Adapun hal tersebut disampaikan dalam sebuah wawancara dengan Nikkan Kogyo Shimbun, sebuah surat kabar manufaktur dari Jepang.

Selain mengungkap Nikon akan meluncurkan mirrorless andalan yang setara dengan DSLR D5, namun Umatate tidak memberikan detail tambahan lainnya. Misalnya saja seperti kapan kamera akan diluncurkan dan tipe apa yang dimaksud.

Saat ini daftar spesifikasi dan fitur Z7 yang mengesankan telah memuncaki D5 untuk sejumlah fitur. Sebut saja ukuran megapiksel 45,7 MP vs 20,8 MP dari D5. Kemudian titik fokus otomatis (493 vs 153), dan built-in stabilization, sesuatu yang tidak dimiliki D5. Kamera DSLR Nikon D5 sendiri diumumkan pada 2016, dua tahun sebelum Z7 melenggang ke pasaran.

Namun kelebihan D5 dibandingkan Z7 termasuk pemotretan bersambungan (12 fps vs 9 fps), ISO maksimum (100-102400 vs 64-25600), slot kartu ganda (Z7 hanya memiliki satu), dan dukungan koneksi kabel LAN.

Sangat menarik untuk melihat apa yang bisa dijejalkan oleh Nikon ke kamera mirrorless terbaru yang kelasnya diklaim akan berada di atas Z7. Nikon Z7 sendiri sudah meluncur di Indonesia bersamaan dengan Nikon Z6. Z7 hadir dengan rentang harga Rp 56,5 juta untuk bodinya saja. Sementara untuk Nikon Z6, kamera tersebut dilepas kepasaran lebih murah dari Z7 dengan harga Rp 35,5 juta untuk bodinya saja.

Selain kamera mirrorless paling mutakhir di atas Z7, Nikon juga kabarnya berencana untuk meluncurkan kamera tanpa cermin yang lebih ekonomis. Harganya hanya sekitar USD 900 atau setara dengan Rp 12,9 jutaan. Dengan harga segitu, tampak Nikon semakin serius menggarap segmen lebih terjangkau dari seri Z untuk para fotografer pemula.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads