5 Fitur Ini Diprediksi Lumrah di Smartphone Masa Depan, Apa Saja?

24 Januari 2023, 15:00:31 WIB

JawaPos.com – Bicara soal teknologi smartphone selalu menarik, penuh kejutan dan kemungkinan. Seiring kemajuan teknologi, kita mengharapkan untuk melihat fitur dan kemajuan baru yang akan mengubah cara kita berinteraksi dengan perangkat kita.

Dilansir dari Gizchina, ada beberapa tren teknologi yang diprediksi akan lumrah dan banyak hadir untuk smartphone masa depan. Apa saja?

Artificial Intelligence
Pertama dan terpenting, di smartphone masa depan yang mungkin tiba esok, lusa atau tahun depan adalah kemampuan dan integrasi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang menjadi lebih maju di masa depan smartphone.

Sekarang sudah ada, hanya kita tidak sadari. AI sudah mulai berperan dalam telepon pintar, dengan asisten virtual seperti Siri dan Alexa menjadi semakin populer. Di masa depan, kita dapat mengharapkan AI terintegrasi lebih dalam lagi ke dalam perangkat kita.

Mengizinkan pengalaman yang lebih personal dan efisien. Misalnya, AI akan dapat mempelajari preferensi dan kebiasaan pengguna. Membuat saran dan memberikan informasi yang paling sesuai dengan pengguna.

Selain itu, AI akan dapat menangani tugas yang lebih kompleks. Seperti menjadwalkan dan mengelola email, tanpa perlu campur tangan manusia.

Layar Fleksibel
Tren utama lainnya di masa depan smartphone adalah meningkatnya prevalensi layar yang dapat dilipat, digulung atau direnggangkan. Pokoknya fleksibel.

Teknologi yang memungkinkan ponsel memiliki layar yang bisa dilipat dua ini menawarkan beberapa keuntungan. Pertama, ini memungkinkan layar yang lebih besar di perangkat yang lebih kecil. Sehingga lebih nyaman bagi pengguna untuk dibawa-bawa.

Selain itu, layar yang dapat dilipat membuka kemungkinan baru untuk multitasking dan bermain game, serta untuk menonton video dan membaca e-Book. Dalam beberapa waktu mendatang, diharapkan akan lebih banyak perusahaan mengadopsi teknologi ini di perangkat andalan mereka.

Dari segi desain, kita juga bisa berharap melihat smartphone yang lebih minimalis dan ramping. Dengan meningkatnya penekanan pada kelestarian lingkungan. Akan ada dorongan menuju perangkat yang terbuat dari bahan yang lebih berkelanjutan dan memiliki masa pakai lebih lama.

Konektivitas 5G
Jaringan 5G adalah teknologi lain yang akan berdampak signifikan pada masa depan smartphone. Dengan kecepatan unduh dan unggah yang lebih cepat, jaringan 5G akan memungkinkan streaming dan penelusuran yang lebih cepat, serta koneksi yang lebih andal.

Ini juga akan memungkinkan teknologi baru seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) menjadi lebih mudah diakses oleh konsumen. Dengan jaringan 5G, kita akan melihat kasus penggunaan baru yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan dengan jaringan 4G. Seperti aplikasi Internet of Things (IoT) dan proyek Smart-city.

Internet of Things
Munculnya Internet of Things (IoT) juga akan berperan di masa depan smartphone. IoT mengacu pada keterkaitan perangkat sehari-hari, seperti lemari es, AC, lampu rumah, perangkat elektronik sehari-hari dan bahkan mobil, melalui internet.

Dengan smartphone yang berfungsi sebagai hub untuk perangkat ini, kita dapat berharap untuk melihat integrasi yang lebih mulus antara berbagai gadget dan peralatan kita. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan memantau rumah mereka dari jarak jauh.

Atau bahkan dapatkan notifikasi jika kompor dibiarkan menyala. Kita dapat berharap untuk melihat lebih banyak perangkat dan peralatan rumah pintar yang dapat dikontrol oleh smartphone di masa mendatang.

Lebih Safety
Terakhir, masa depan smartphone juga cenderung mencakup fokus yang lebih besar pada privasi dan keamanan. Dengan semakin banyaknya informasi pribadi yang disimpan di perangkat ini. Akan ada peningkatan permintaan untuk fitur keamanan yang melindungi dari peretasan dan pelanggaran data.

Selanjutnya, kita akan melihat munculnya solusi berbasis desentralisasi dan blockchain. Ini akan memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol lebih besar atas data mereka.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads