alexametrics

Galaxy M20 Saingi Zenfone Max Pro M2, Samsung Bikin Asus Panik?

18 Februari 2019, 13:58:01 WIB

JawaPos.com – Samsung belum lama ini menghadirkan smartphone seri terbaru, yakni Galaxy M20 di Indonesia. Hal tersebut rupanya menyulut ‘api’ persaingan antarvendor. Asus salah satunya. Asus Indonesia berencana menyesuaikan harga perangkatnya untuk bersaing dengan Samsung Galaxy M20.

Head of PR and e-Marketibg Asus Indonesia Muhammad Firman mengungkapkan, kehadiran Samsung Galaxy M20 di Indonesia membuat Asus bersiap diri. Sebagaimana diketahui, Zenfone Max Pro M2 yang dihadirkan Asus akhir tahun lalu sejatinya merupakan perangkat yang head to head dengan Samsung Galaxy M20. Keduanya sama-sama mengunggulkan baterai gambot 5.000 mAh dan harga Rp 2,7 jutaan dengan jeroan yang mirip-mirip.

“Kita melihatnya memang di segmen harga dibawah Rp 3 jutaan dengan baterai besar trennya akan sangat besar sekali di tahun 2019 ini. Selain smartphone premium, yang paling banyak versi baru ya di kategori ini,” jelasnya beberapa waktu lalu kepada JawaPos.com.

Samsung Galaxy M20, Asus Zenfone Max Pro M2, Galaxy M20 Zenfone Max Pro M2
Asus Zenfone Max Pro M2, perangkat smartphone Asus yang setara dengan Samsung Galaxy M20. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Firman melanjutkan, saat ini Asus Indonesia masih akan berfokus pada perangkat Zenfone Max Pro M2 karena trennya akan ada di sana (segmen smartphone di bawah Rp 3 jutaan dengan baterai besar). “Kompetitor juga merilis produk yang hampir sama, karena fokus dan trennya di situ. Ini adalah market yang paling menggeliat sekarang ini. Kemungkinan kita akan hadirkan produk lain di segmen yang ini, tapi sementara Max Pro M2 masih baru, kita akan fokus di situ dulu,” terangnya.

Sementara untuk rencana menyesuaikan harga dalam hal ini penurunan harga untuk bisa bersaing dengan kompetitor, pihaknya mengaku masih melihat situasi dulu. “Kita akan lihat dulu, misalnya dengan mengembangkan kemampuannya seperti pembaruan sistem operasi yang baru. Untuk harga, kita bisa melihat dulu dari sisi demand, kalau misalnya dengan hadirnya kompetitor bisa merusak demand produk kita, mungkin kita akan memotong harganya,” bebernya.

Firman juga menyebut bahwa kehadiran Samsung Galaxy M20 sejauh ini gaungnya sudah mulai terasa. Walaupun belum sampai menggerogoti Zenfone Max Pro M2. “Kalau memang dilihat satu sampai dua bulan ke depan, dengan hadirnya kompetitor membuat stok level nggak jalan, maka akan turunkan harga,” pungkasnya.

Sebagai informasi, seperti telah kami beritakan sebelumnya, kehadiran Samsung Galaxy M Series yang pertama di India dan menyusul di Indonesia agaknya merupakan bentuk ‘kembalinya’ Samsung ke pasar smartphone di kelas middle-low. Samsung seolah ingin menunjukkan bahwa mereka masih bisa eksis dan siap bertarung dengan kompetitor mereka di segmen tersebut. Selain Galaxy M20, di Indonesia sendiri Samsung telah memastikan bahwa perangkat lainnya yang tak kalah menarik dari segi harga akan dihadirkan. Dia adalah Galaxy M10.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads
Galaxy M20 Saingi Zenfone Max Pro M2, Samsung Bikin Asus Panik?