alexametrics

Luar Biasa! Sony A7R IV Dibekali Sensor 61 MP, Banyak Fitur Barunya

17 Juli 2019, 14:01:06 WIB

JawaPos.com – Sony baru-baru ini meluncurkan kamera mirrorless terbaru untuk pasar global. Kamera mirrorless teranyar itu berseri A7R IV dengwn kemampuan sensor 64 MP. Lensanya pun bisa digonta-ganti.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari TechCrunch, Rabu (17/7), Sony A7R IV merupakan penembak digital full-frame yang ditujukan untuk para fotografer profesional. Kamera baru ini memiliki sensor 61 megapiksel yang andal. Sony A7R IV akan dijual mulai harga USD 3.500 atau setara dengan Rp 48,9 jutaan dan akan dipasarkan mulai September mendatang.

Resolusi gambar menjadi andalan sensor digital full-frame pada Sony A7R IV yang setara dengan lensa 35 mm. Sony A7R IV juga memiliki pemotretan cepat 10 fps dengan kemampuan autofokus dan pelacakan eksposur yang berkelanjutan. Terdapat 567 titik deteksi otomatis dengan titik fokus yang menutupi 74 persen dari frame; pelacakan autofokus mata real-time untuk gambar diam dan film; perekaman film 4K HDR tanpa pixel binning dan dengan S-Log 2/3 mendukung pengeditan (walaupun tanpa mode 60p, karena terbatas pada 30p). Kemudian rentang ISO 100-32000 yang dapat diperluas menjadi 50-102400. Daya tahan baterai sekitar 539 tembakan dengan EVF, atau 670 tembakan tanpa EVF.

Kamera mirrorless terbaru Sony A7R IV dengan kemampuan sensor 61 MP. (Lori Grunin/CNET)

Kamera Sony ini memiliki keunggulan terbesar dengan menawarkan autofokus pelacakan subjek yang lebih baik. Termasuk urusan sensor resolusi tinggi, mengingat para pesaingnya akan tertinggal, seperti Nikon Z7 menangkap 45,7 MP dan Canon R maksimal 30,3 MP.

Autofokus mata real-time dalam perekaman film juga akan banyak membantu bagi para pembuat video. Ini setelah Sony memperkenalkannya di A7 dan A7R III melalui pembaruan firmware April lalu. Fitur layar sentuh juga memungkinkan pengguna hanya mengetuk bagian yang diinginkan untuk mempertahankan fokus otomatis pada LCD saat memotret. Antarmuka audio digital baru yang ditambahkan ke konektor hot shoe kamera juga akan membantu para pembuat video menambah mik dengan mudah.

Fitur lainnya, Sony A7R IV juga menawarkan stabilisasi gambar dalam-tubuh lima sumbu, UFGA OLED Electric View Finder (EVF), peningkatan ketahanan cuaca dan debu, kemampuan pemotretan tethered nirkabel, serta dua slot kartu SD UHS-II untuk penyimpanan yang lega.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads