alexametrics

Snapdragon SiP 1, Prosesor Baru Asus Zenfone Max Shot dan Max Plus M2

16 Maret 2019, 16:00:31 WIB

JawaPos.com – Beberapa pekan ke belakang rumor soal perangkat smartphone terbaru Asus dari lini Zenfone mengemuka. Kini perangkat yang dimaksud itu, yakni Asus Zenfone Max Shot dan Max Plus M2, sudah resmi meluncur.

Seperti JawaPos.com kutip dari laman Zenmax via GSMArena, Sabtu(16/3), Asus Zenfone Max Shot dan Max Plus M2 debut dengan chipset terbaru dari Snapdragon. Dia adalah Snapdragon SiP 1 yang belum pernah terdengar namanya.

Ya, smartphone teranyar Asus itu melenggang dengan chipset dari spesies yang juga baru besutan Qualcomm. Kabar ini mencuat sebulan setelah pengumuman bahwa Qualcomm akan bermitra dengan Universal Scientific Industrial (USI) pada pabrik semikonduktor baru di Sao Paulo, Brazil. Prosesor SiP 1 sendiri mengacu pada sistem di dalamnya yang berarti system-in-package.

Asus Zenfone Max Shot, Asus Zenfone Max Plus M2
Asus Zenfone Max Shot. (MySmartPrice)

Selain hadir dengan prosesor Snapdragon jenis baru dari Qualcomm, Zenfone Max Shot dan Max Plus M2 juga merupakan ponsel pertama Asus yang dikembangkan oleh tim Asus di Negeri Samba itu.

Prosesor Qualcomm SiP 1 terbaru yang memotori kedua model itu menjadi jagoan terbaru dalam jajaran ponsel Asus. Prosesor SiP sendiri berbeda dengan system-on-chip (SoC). SiP lebih sederhana dalam modul baru yang membawa semua komponen utama dalam satu sirkuit, kemudian masuk ke motherboard.

SiP juga diklaim dapat menghemat ruang yang dapat dialokasikan untuk komponen lain di dalam perangkat. Dengan demikian, vendor smartphone bisa lebih leluasa dalam mendesain handset yang lebih inovatif.

Chipset Snapdragon SiP 1 sendiri membawa fabrikasi 14nm. Chipset tersebut pada dasarnya identik dengan lini chipset murah dari Qualcomm seri Snapdragon 450 dengan 1,8 GHz octa-core CPU dan Adreno 506 GPU.

Untuk spesifikasi lainnya, Asus Zenfone Max Shot hadir dengan tiga kamera utama. Max Shot menghadirkan pengaturan kamera dengan sensor 12 MP biasa, 8 MP wide-angle, dan sensor kedalaman 5 MP.

Sementara Max Plus M2 hanya hadir dengan dua kamera utama saja. Max Plus M2 mengandalkan kamera ganda pada sensor 12 MP reguler + 5 MP.
Pada bagian depan, Zenfone Max Shot maupun Max Plus M2 menawarkan kamera 8 MP dengan LED flash. Kedua perangkat juga akan mengusung panel IPS FHD Plus berlabel 6,26 inci yang sama.

Max Plus M2 akan datang dalam konfigurasi 3 GB RAM dan 32 GB penyimpanan internal. Sementara pembeli Max Shot akan mendapatkan pilihan RAM antara 3 GB/4 GB dan penyimpanan internal 32 GB/64 GB. Kedua model membawa kemampuan dual sim dan slot MicroSD SD yang terpisah.

Selain itu, kesamaan kedua perangkat tersebut juga terletak pada casing aluminium yang sama, baterai 4.000 mAh, dan dapat diisi ulang melalui Micro USB. Asus Zenfone Max Shot maupun Max Plus M2 mengadopsi Android 8.1 Oreo dan akan mendapat pembaruan Pie yang dijanjikan dalam beberapa bulan mendatang.

Asus Zenfone Max Shot mulai dijual di kisaran USD 350 atau setara dengan Rp 5 jutaan untuk varian termurahnya. Sementara Zenfone Max Plus M2 dibanderol sekitar USD 340 atau setara dengan Rp 4,8 jutaan. Duo smartphone terbaru Asus itu mulai tersedia sejak Jumat (15/3) di situs web Asus Brazil dan hadir dalam warna perak, hitam, biru, dan merah.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Snapdragon SiP 1, Prosesor Baru Asus Zenfone Max Shot dan Max Plus M2