alexametrics

Samsung Galaxy M20 Vs Redmi Note 7, Siapa Lebih Unggul?

16 Februari 2019, 08:00:00 WIB

JawaPos.com – Persaingan pasar smartphone global yang akan berimbas ke market tanah air sudah terasa awal 2019 ini. Xiaomi memulainya dengan memecah Redmi menjadi brand independen yang kemudian disusul dengan peluncuran smartphone dengan kamera 48 MP termurah, yakni Redmi Note 7.

Tak mau kalah, rival mereka dari Korea Selatan (Korsel) Samsung juga demikian. Akhir bulan lalu, Samsung membesut line-up terbaru Galaxy M10 dan Galaxy M20 pertama di India. Negara yang menjadi saksi kekalahan Samsung lantaran posisinya digantikan oleh Xiaomi.

Bicara Samsung dan Xiaomi, pada artikel kali ini JawaPos.com ingin membandingkan kedua produk yang bersangkutan. Antara produk Samsung Galaxy M20 dengan Redmi Note 7.

Samsung Galaxy M20, Redmi Note 7, Samsung Vs Redmi review
Tabel perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy M20 Vs Redmi Note 7. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Mengapa hanya M20? Jawabannya jelas. Karena produk tersebut sudah hadir di Indonesia. Redmi Note 7 bagaimana? Redmi Note 7 sejauh ini belum ada kabar kapan akan tiba di tanah air. Tapi hampir pasti mereka bakal menghadirkan perangkat tersebut di Indonesia.

Pasalnya seri Redmi Note kala masih bersama Xiaomi memang tak pernah absen hadir di sini. Samsung menghadirkan Galaxy M10 dan M20 perdana di India. Tujuannya jelas, ingin head to head dengan Xiaomi. Karenanya, perbandingan kali ini fokus antara Samsung dengan Redmi. Ya, Samsung Galaxy M20 dengan Redmi Note 7.

Dapur Pacu

Mengawali langkah komparasi produk smartphone, pertama JawaPos.com akan bicara dari aspek dapur pacu. Namun sebelum melangkah lebih jauh, perlu kami ingatkan bahwa komparasi ini hanya merujuk pada kesamaan segmen pasar, harga, dan spesifikasi saja. Belum kepada tahap pengujian performa perangkat lebih jauh.

Memulai perbandingan dari Samsung Galaxy M20 di aspek dapur pacu. Handset teranyar dari Samsung yang ditugaskan mengganti peran Galaxy J, Galaxy C, dan Galaxy On itu ditopang System on Chip (SoC) Octa-core Exynos 7904 (14 nm) 1,8 GHz. Sementara Redmi Note 7 dari Xiaomi dibekali dengan prosesor besutan Qualcomm yakni Snapdragon 660 (14 nm) 2,2 GHz.

Dari segi penyimpanan, Redmi Note 7 menawarkan konfigurasi RAM mulai dari 3 GB hingga 6 GB. Namun penyimpanan internal atau ROM hanya tersedia satu varian saja, yakni 64 GB. Sementara Samsung Galaxy M20, untuk pasar Indonesia, pembeli hanya disediakan opsi RAM/ROM 3/32.

Dari aspek prosesor, chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang tertanam di tubuh Redmi Note 7 diyakini banyak pihak lebih kuat ketimbang Exynos 7904 yang ada pada Galaxy M20. Kami memang belum menjajal langsung, namun jika melihat angka clock speed 1,8 GHz dari Exynos 7904 yang ada di Galaxy M20 vs 2,2 GHz dari Snapdragon 660 pada Redmi Note 7, keyakinan tersebut bisa saja benar.

Redmi Note 7 dianggap lebih kuat untuk diajak bermain game dan menjalankan grafis karena GPU yang lebih baik dengan Adreno 512. Kendati begitu, Samsung dengan GPU Mali-G71 MP2 juga tidak bisa dianggap remeh. Intinya kalau hanya sekadar bermain game mobile populer saat ini, kedua perangkat melihat kapasitas penyimpanan harusnya sama-sama mampu menjalankannya dengan baik.

Layar

Aspek kedua, yang ingin kami bandingkan antara Samsung Galaxy M20 dan Redmi Note 7 adalah aspek layar dan kamera. Dari segi layar, antara Samsung Galaxy M20 dan Redmi Note 7 memiliki kesamaan. Samsung Galaxy M20 seperti kami beritakan sebelumnya hadir lebih segar dan lebih baru.

Kebaruan pada lini perangkat Samsung itu tampak nyata. Hal tersebut ditunjukkan dari segi desain dan layar yang kini memiliki poni atau notch, juga desain casing belakang berkilauan. Samsung sebelumnya tidak melakukan itu. Sebagaimana smartphone kelas menengah kekinian lainnya, Samsung Galaxy M20 hadir dengan notch bergaya tetesan air atau waterdrop notch.

Dari aspek spesifikasi layar, Samsung Galaxy M20 hadir dengan bentang seluas 6,3 inci dengan material PLS TFT 16M Colors. Samsung Galaxy M20 hadir dengan aspek rasio layar 19,5:9 dengan resolusi FullHD Plus 1.080 x 2.340 piksel.

Beralih ke perangkat Redmi Note 7. Handset besutan brand pecahan Xiaomi itu juga memiliki rasio screen-to-body yang sama, bentang layar yang sama, dan kemampuan layar yang sama. Bedanya, Redmi Note 7 untuk bagian layar menggunakan material IPS LCD. Kemudian notch pada Redmi Note 7 lebih membulat ketimbang M20 yang cenderung berbentuk huruf ‘V’ yang dinamakan Samsung sebagai layar Infinity-V. Pembeda lainnya antara perangkat Samsung dan Redmi dari segi layar adalah Redmi Note 7 telah dilapisi perlindungan Gorilla Glass 5. Sementara Samsung belum.

Kamera

Kini giliran menilik kemampuan kamera. Jika dibandingkan di atas kertas, Samsung Galaxy M20 mungkin akan kalah. Hal tersebut mengacu pada sala satu ukuran kamera ganda Redmi Note 7 yang memiliki ukuran hingga 48 MP. Redmi Note 7 membanggakan fitur kamera ganda dengan konfigurasi 48 MP (f/1.8) ditambah sensor 5 MP depth sensor (f/2.4).

Kamera pada perangkat Redmi Note 7 juga didukung dengan fitur kecerdasan buatan atau AI. AI memang sebagaimana diketahui didukung oleh prosesor Snapdragon yang digendong perangkat Redmi Note 7.

Lainnya dari aspek kamera, Redmi Note 7 menggunakan sensor Ultra Clear Samsung ISOCELL sebagai sensor utamanya. Ya, kendadti bersaing ketat, mereka ternyata juga berpartner. Sensor kamera Samsung diklaim mampu menangkap foto yang apik walau dalam kondisi minim cahaya.

Kamera depannya sendiri memiliki sensor 13 MP yang didukung pula oleh fitur AI. Beberapa fitur penting kamera pada Redmi Note 7, antara lain, dual-LED flash (bagian belakang); HDR; panorama, perekaman video 1.080 piksel pada 30,60,120 fps; gyro dan Electronic Image Stabilization atau EIS.

Beralih ke Samsung Galaxy M20. Kamera Samsung Galaxy M20 juga dilengkapi sensor utama ganda dengan sensor 13 MP (f/1.9) dan lensa ultra wide 5 MP (f/2.2). Untuk kebutuhan swafoto, Samsung Galaxy M20 dibekali sensor kamera depan sebesar 8 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera depan ini juga bisa membantu pengguna mengabadikan foto dengan efek bokeh.

Beberapa fitur penting kamera Samsung Galaxy M20, antara lain, LED flash (di bagian depan), panorama, HDR, dan perekaman video 1.080 piksel pada 30 FPS. Kamera depan kedua smartphone di atas memiliki kemampuan yang sama, yakni bisa digunakan untuk selfie dengan sudut ultra-wide dan fitur AI.

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir, yang ingin JawaPos.com tilik lebih jauh adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Untuk urusan daya baterai, Redmi Note 7 memiliki kemampuan baterai sebesar 4.000 mAh.

Redmi Note 7 juga membawa fitur keamanan yang cukup penting, yakni fitur face unlock untuk membuka smartphone dengan sensor pembaca wajah, dan tak lupa pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat. Bicara harga, Redmi Note 7 saat dilepas perdana di pasar Tiongkok dibanderol Rp 2 jutaan untuk model RAM/ROM 3/32 GB. Lainnya, ada varian RAM/ROM 4/64 GB dengan harga Rp 2,4 jutaan, dan model 6/64 GB di harga berkisar di Rp 2,9 jutaan.

Terakhir, untuk Samsung Galaxy M20. Untuk urusan baterai handset tersebut menang telak ketimbang perangkat Redmi Note 7. Jelas saja, kemampuan baterainya 5.000 mAh. Fitur keamanan penting seperti face unlock untuk membuka smartphone dengan sensor pembaca wajah dan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat juga hadir pada perangkat Galaxy M20.

Urusan kantong, Samsung Galaxy M20 yang resmi hadir di Indonesia awal pekan kemarin, Senin (11/2), dibanderol Rp 2,7 jutaan untuk penyimpanan RAM/ROM 3/32 GB saja. Harga tersebut memang lebih mahal di pasar global. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy M20 di India dilepas seharga Rp 2,1 jutaan untuk konfigurasi penyimpanan RAM/ROM 3/32 GB, sedangkan versi penyimpanan 4/64 GB dijual Rp 2,57 jutaan.

Melihat komparasi di atas, sudah ada gambaran soal siapa yang bakal memenangkan persaingan pasar? Pilih Samsung atau Redmi dari Xiaomi? Jawabannya ada pada kamu ya. Tentunya sesuaikan lebih dulu dengan kebutuhan kamu berdasarkan perbandingan tersebut. Sekali lagi perlu kami ingatkan bahwa komparasi di atas hanya merujuk pada kesamaan segmen pasar dan spesifikasi saja ya. Belum kepada tahap pengujian perangkat lebih jauh.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads
Samsung Galaxy M20 Vs Redmi Note 7, Siapa Lebih Unggul?