alexametrics

Dari Quad Camera Sampai Layar Mengecil, Ini Rumor Kehebatan IPhone 12

15 November 2019, 14:29:28 WIB

JawaPos.com – September lalu Apple baru saja membesut perangkat smartphone terbarunya, iPhone 11. Meski peluncuran iPhone 11 masih seumur jagung, topik soal penerusnya atau iPhone 12 sudah bermunculan dengan beragam bocoran yang menarik.

Sebagaimana dikutip dari PhoneArena, Jumat (15/11), iPhone 12 disebut akan menjadi iPhone pertama dari Apple yang akan datang dengan quad camera. Quad camera saat ini umum hadir di perangkat smartphone Android dari banyak vendor. Jadi, tak berlebihan jika Apple ditafsirkan bakal mengikuti tren demikian mengingat iPhone 11 juga sudah membawa triple camera.

Tambahan lensa di kamera utama Apple disebut merupakan lensa ToF atau Time of Flight untuk mendukung teknologi Augmented Reality (AR). Apple sendiri diketahui telah banyak berinvestasi dalam AR dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan ARKit didirikan sebagai platform yang mampu untuk AR mobile, dan dengan kerja pada Apple Glasses yang dilaporkan juga sedang digarap, analis Apple yang andal Ming-Chi Kuo baru-baru ini mengklaim bahwa iPhone 12 akan dilengkapi fitur kamera ToF di punggungnya.

Kamera ToF dapat mengukur kedalaman jauh lebih akurat daripada yang biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk penggunaan augmented reality. Kamera ini menggunakan cahaya inframerah untuk memetakan lingkungan sekitarnya.

Selanjutnya, iPhone 12 menurut laman TomsGuide juga dikatakan akan menggunakan jaringan 5G. Teknologi jaringan seluler generasi kelima itu disebut akan mendukung untuk digunakan di perangkat iPhone 12.

Handset tersebut juga diduga akan memiliki refresh rate layar hingga 120 Hz yang menunjang mobile gaming. Dari segi desain, ukuran iPhone 12 dikatakan bakal lebih kecil dari iPhone 11 yakni 5,4 inci, ditambah dengan adopsi tampilan iPhone 4 yang datar namun tegas.

Masih dari segi desain, Apple juga dikabarkan akan membawa kembali desain klasik dari iPhone 4 yang telah tergantikan sejak hadirnya iPhone 6 pada 2016. Desain iPhone 6 memiliki tepi membulat dan bingkai melengkung, dilengkapi kaca berkontur 2.5D, masih menjadi ciri seri terbaru iPhone saat ini.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads