alexametrics

Realme Buds Air, Wireless Earphone Ekonomis Jangan Dianggap Remeh

15 Januari 2020, 08:16:48 WIB

JawaPos.com – Awal 2020 ini dijadikan Realme untuk menghadirkan wearable Buds Air. Perangkat wireless earphone ini hadir dengan harga terjangkau namun dikatakan membawa banyak fitur yang biasa hadir di kelas premium. Selain menghadirkan Buds Air, Realme juga baru saja membesut perangkat smartphone ekonomis dari keluarga seri 5, yakni Realme 5i.

Baik Realme Buds Air atau smartphone Realme 5i, JawaPos.com telah mendapatkan perangkat tersebut jauh-jauh hari sebelum peluncuran. Seperti biasa, ulasan lengkap akan kami sajikan kepada pembaca setia Tekno JawaPos.com.

Dimulai dari Realme Buds Air, true wireless earphone tersebut seperti sudah kami beritakan sebelumnya, perangkat tersebut membawa bentuk yang hampir mirip dengan wireless earphone milik Apple, yakni AirPods 2. Segudang fitur menarik yang nggak boleh dianggap remeh juga hadir pada perangkat wireless earphone tersebut. Yuk kita lanjut ulasannya!

Realme Buds Air. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kelengkapan

Dimulai dari aspek kelengkapan produk, Realme Buds Air true wireless earphone hadir dengan kotak kecil berwarna kuning yang mencolok. Tak lebih besar dari ukuran kotak penjualan smartphone, di dalamnya terdapat keperluan standar penunjang penggunaan perangkat.

Ketika membuka kemasan, langsung dijumpai perangkat Buds Air. Tersedia dalam tiga pilihan warna yakni kuning, hitam, dan putih. Kebetulan, perangkat yang kami miliki berwarna putih. Di balik sekat penyimpanan Buds Air di kotak penjualan, ada buku petunjuk pemakaian dan kabel USB Type-C untuk pengecasan. Ya, Realme Buds Air sudah menggunakan USB Type-C untuk kemudahan pengecasan dan kecepatan transfer daya.

Oh iya, buku petunjuk pemakaiannya juga berfungsi sebagai kartu garansi resmi. Jadi, simpan buku tersebut baik-baik. Ketika perangkat bermasalah dan dibutuhkan perbaikan, kamu bisa membawa buku tersebut. Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi perlengkapan lainnya di dalam kotak penjualan Realme Buds Air.

Realme Buds Air. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Desain

Selanjutnya aspek desain. Menurut kami, Realme Buds Air membawa desain yang menarik untuk bagian kotak penyimpanannya. Bentuknya kotak dengan sudut-sudut yang cenderung membulat membuat Buds Air ini tampak elegan.

Casing kotak berbentuk persegi dilengkapi dengan satu tombol ‘pairing’ dan lampu LED di atasnya, dekat area buka tutup kotak penyimpanan. Lampu LED akan beralih antara merah dan hijau. Ini menyala merah dalam mode berpasangan dan hijau saat dipasangkan. Selain itu, saat baterai lemah, baterai akan menyala merah.

Di bagian bawah kotak penyimpanan, ada port daya USB Type-C. Ini juga salah satu keunggulan Realme Buds Air yakni hadir dengan port USB Type-C. Di bagian belakang, polos, hanya ada tulisan ‘Designed by Realme’ sebagai penanda bahwa perangkat besutan Realme.

Oh iya, kami hampir lupa, kotak penyimpanan Buds Air juga sudah mendukung wireless charging. Hal tersebut menurut kami adalah sebuah terobosan untuk sebuah wireless earphone seharga ratusan ribu yang sudah mendukung fitur tersebut.

Wireless charging-nya mendukung hingga 17 jam playback Buds Air. Sementara Buds Air-nya saja di luar kotak berdasarkan pengalaman kami sanggup bertahan tiga jam lebih.

Setelah membuka casing, ada dua earbud Realme Buds Air masing-masing menampilkan grill speaker oval dan sensor IR. Seperti AirPods dan earbud lainnya, jadi ketika user mengeluarkan kuncup earbuds dari telinga, musik atau suara akan berhenti bermain, dan sebaliknya. Teknologi ini dinamai Realme sebagai teknologi Wear Detection untuk Play/Pause dengan mudah dan cepat.

Ketika Buds Air diangkat dari kotak penyimpanannya, di bagian lain tersimpan Dual Mic for Calling dan mendukung fitur Environment Noise Cancellation (ENC) untuk meyeleksi suara sekitar yang mengganggu pengalaman penggunaan. Desainnya cukup nyaman di telinga lantaran bobot Buds Air satuannya hanya sekitar 4,16 gram.

Realme Buds Air. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pengalaman Penggunaan

Pengalaman selama menggunakan Buds Air, kami suka. Di samping harganya yang terjangkau, true wireless earphone ini kaya fitur untuk harga yang dibawanya.

Perangkat ini membawa banyak kemudahan dengan mendukung kontrol sentuh. Misalnya saja ketuk dua kali untuk menjawab panggilan telepon, play/pause musik, ketuk tiga kali untuk memainkan lagu selanjutnya, tekan dan tahan di salah satu Buds untuk mengaktifkan asisten suara atau mengakhiri panggilan telepon, serta tekan dan tahan di kedua Buds untuk masuk atau keluar Gaming Mode.

Yang kami suka lainnya adalah kemudahan pairing atau proses pemasangan yang ditawarkan. Realme Buds Air sudah mengadopsi fitur Open-up Auto Connection dan Google Fast Pair. Sehingga, proses pairing Buds Air dengan perangkat lainnya yang ingin digunakan menjadi mudah dan cepat. Hal tersebut berlaku untuk perangkat baru atau perangkat yang sudah pernah di-pair.

Realme Buds Air juga sudah menjanjikan Super Low Latency dengan cip R1 dan Bluetooth 5.0. Perangkat Buds Air tetap optimal menerima sinyal hingga jarak 10 meter.

Pengalaman mendengarkan berbagai genre musik, video dan bermain game dengan Buds Air terasa menyenangkan. Untuk musik, kami suka lantaran Buds Air tetap memberikan kemampuan bass yang mumpuni. Hal tersebut didukung dengan Dynamic Bass Boost Driver dan Advanced Audio Coding. Sehingga, suara yang dihasilkan bisa ditelaah oleh sistem untuk kemudian disampaikan ke telinga pengguna dengan porsi yang pas.

Realme Buds Air juga dilengkapi dengan dua mikrofon untuk mencapai ENC yang secara cerdas dapat mengidentifikasi setiap kata dan menyaring semua suara bising pada latar belakang. Selama panggilan, suara yang masuk atau keluar selama penggunaan kami terasa jernih dari suara sekitar yang mengganggu. Terlebih di lingkungan yang bising.

Kesimpulan

Sampai ke kesimpulan, kami puas dengan apa yang ada pada Buds Air Realme true wireless. Harganya terjangkau dibanding kompetiror. Sisihkan beberapa lembar uang Rp 100 ribuan saja kamu sudah bisa mendapatkan earphone yang kaya fitur. Yang kami suka adalah hadirnya wireless charging pada Realme Buds Air.

Kamu yang sudah mengadopsi banyak perangkat yang sudah mendukung wireless charging seperti smartphone pasti akan suka dengan Buds Air. Sebab kamu tidak perlu repot untuk colok-colok untuk melakukan pengisian ulang daya.

Over all, semua fitur seperti Super Low Latency dengan cip R1, Open-up Auto Connection yang medukung Google Fast Pair, Wear Detection untuk auto Play/Pause, Wireless Charging yang mendukung hingga 17-hour Playback, Dynamic Bass Boost Driver dengan Advanced Audio Coding, dan Dual Mic disertai ENC sangat bisa membuat Buds Air menjadi idola baru di kategori perangkat wearable device dalam hal ini earphone.

Realme Buds Air juga tahan lama. Kami suka lantaran tidak perlu repot mengecas, jadi bisa diandalkan untuk menemani berbagai kegiatan sehari-hari.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads