alexametrics

Advan Luncurkan Ponsel Konvensional Pintar untuk Masyarakat di Daerah

14 Februari 2020, 12:07:57 WIB

JawaPos.com – Belum meratanya akses dan layanan internet berbasis teknologi 4G di Indonesia, mendorong merek lokal Advan masih membesut feature phone alias ponsel konvensional. Beda dengan biasanya, Advan membekali feature phone-nya dengan sejumlah fitur terkini yang khas pada perangkat smartphone.

Feature phone yang dirilis Advan bernama ‘Hape Online’ dan diklaim sebagai smart feature phone. Advan mengklaim perangkatnya ini ditujukan kepada pengguna entry level atau kelas pemula yang selama ini masih jarang atau bahkan belum menikmati akses internet di daerah.

Feature phone Advan dipastikan terjangkau masyarakat banyak karena dijual hanya seharga Rp 449 ribu saja. Kendati berstatus sebagai feature phone, pengguna Hape Online ini bisa mengakses internet dengan mengunakan WhatsApp, akses Google, Google Maps, YouTube, Facebook, serta Twitter.

Bahkan Hape Online Advan ini bisa dipakai sebagai perangkat MiFi yang dapat digunakan untuk berbagi akses internet hingga ke 11 piranti lainnya. Hape Online Advan disebut sudah memberikan pengalaman seperti halnya ponsel Android terkini kendati perangkat tersebut adalah feature phone.

Direktur Operasional Advan, Chandra Tansri, mengatakan, Hape Online Advan diharapkan bisa membuat masyarakat di seluruh tanah air lebih mudah mengakses internet dengan harga yang terjangkau. “Ponsel ini merupakan bentuk komitmen antara Advan dengan Indosat Ooredoo agar berbagai kalangan masyarakat Indonesia dapat menikmati akses internet cepat melalui jaringan 4G dengan harga terjangkau,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Ponsel ini merupakan ponsel KaiOS pertama di Indonesia yang juga memberikan pengalaman berinternet cepat berkat koneksi 4G yang sudah dibenamkan ke dalamnya.

Karena dilengkapi sistem operasi KaiOS maka Hape Online Advan juga telah dilengkapi KaiStore sehingga pengguna bisa menginstal aplikasi lain yang terdapat di KaiStore tersebut. KaiStore ini membuat pengguna mendapatkan akses lebih dari 200 aplikasi sehari-hari yang popular dari penyedia konten lokal maupun internasional. Aneka aplikasi di KaiStore akan terus bertambah.

Perlu diketahui bahwa KaiOS berada di urutan ketiga ponsel yang paling banyak digunakan di dunia. Terdapat lebih dari 100 juta ponsel yang menggunakan sistem operasi KaiOS ini terutama di Eropa, Afrika, Asia, dan Amerika.

Hape Online Advan memiliki spesifikasi layar 2,4 inci dengan resolusi QVGA 240 x 320 dan memiliki RAM 512 MB serta ROM 4 GB. Hape ini juga telah dilengkapi kamera depan dan belakang. Pada kamera belakang beresolusi 2,0 MP, sementara depan 0,3 MP.

Apabila kapasitas penyimpanan dirasa kurang, Hape Online juga bisa ditambahkan kartu memory MicroSD hingga kapasitas 32 GB guna menyimpan file-file yang lebih besar.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads