alexametrics

Samsung Galaxy S21 Ultra Diperkenalkan, S-Pen dan Kamera Dual Zoom

14 Januari 2021, 23:39:36 WIB

JawaPos.com – Samsung resmi memperkenalkan ponsel flagship terbarunya, Galaxy S21 series pada Kamis (14/1) malam. Perhatian pada peluncuran malam itu ada pada Galaxy S21 Ultra. Sebab, berbagai bocoran yang muncul membuat seri tertinggi seri Galaxy itu membuat penasaran. Terutama, kepastian soal S-Pen yang selama ini eksklusif pada seri Galaxy Note, dan perbaikan pada telephoto yang dikenal dengan space zoom.

Rumor yang beradar itu terkonfirmasi. Global Corporate Strategy Samsung Charlie McCarren saat memperkenalkan Galaxy S21 Ultra secara online memastikan jika S-Pen khusus sudah disiapkan. Ada dua S-Pen, yakni versi reguler dan versi pro. ”S-Pen Pro dilengkapi teknologi bluetooth,” ujarnya.

Berbeda dengan Galaxy Note series, S-Pen pada Galaxy S21 Ultra adalah aksesori yang dijual terpisah. Harganya belum disampaikan, yang jelas S-Pen reguler hadir dalam waktu dekat. Sedangkan S-Pen pro, belakangan. Namun, pada tahun ini.

Samsung memastikan S-Pen hadir untuk Galaxy S21 Ultra.

Lantaran aksesori terpisah, tidak ada tempat khusus pada S21 Ultra untuk meletakkan S-Pen tersebut. Berbeda dengan Galaxy Note yang menyediakan ruang penyimpanan di bagian bawah ponsel. Selain itu, ukuran S-Pen untuk Galaxy S21 Ultra lebih besar. Klaimnya, untuk memudahkan dan meningkatkan kenyamanan pemakain.

”S-Pen hanya mendukung Galaxy S21 Ultra,” imbuh McCarren. Itu berarti, yang memilih Galaxy S21 atau Galaxy S21+ tidak bisa menggunakan S-Pen yang baru. Belum diketahui, apakah hadirnya S-Pen pada Galaxy S21 membuat rumor bahwa Samsung akan mematikan lini Galaxy Note benar adanya.

Dual Zoom

Selain S-Pen, yang juga terkonfirmasi adalah teknologi baru Samsung untuk telephoto atau space zoom. Pada Samsung Galaxy S21 Ultra, ada dual zoom. Yang pertama, 3x 10MP telephoto optical zoom dengan bukaan F2.4. Yang kedua, 10x 10MP telephoto optical zoom dengan bukaan F4.9 yang focal lenght-nya setara lensa 240mm.

Dengan adanya dual zoom, total lensa yang ada di Samsung Galaxy S21 Ultra ada empat. Dua lainnya adalah 108MP lensa wide, dan 12MP ultra wide. Untuk mendukung seluruh lensa tersebut, Samsung Galaxy S21 Ultra juga menyematkan laser AF sensor.

Nah, laser AF sensor itu yang akan membantu saat pengguna akan memotret dalam mode macro. Samsung menyebut dalam mode itu, bisa memotret dengan jarak terdekat sampai 29 cm antara obyek dan ponsel.

Samsung Galaxy S21 Ultra juga mendukung Adaptive refresh rate dari 10Hz hingga 120Hz.

Selain foto, sisi video juga mendapat sentuhan baru. ”Dengan Samsung Galaxy S21 Ultra, bisa merekam 4K 60 FPS pakai lensa apapun,” imbuhnya.  

Fitur Kunci Lainnya

Galaxy S21 Ultra yang memiliki layar 6,8 inch itu datang dengan berbagai fitur kunci. Misalnya, adaptive refresh rate layar dari 10-120Hz, layar amolednya memiliki warna hingga 1500 nits sehingga makin vivid dan terang meski di bawah sinar matahari, prosesor baru 5nm yang performanya meningkat hingga 20 persen, 40MP kamera selfie, IP68, baterai 5.000 mAh, wireless powershare, Wi-Fi 6E, 5G, dan Samsung Knox Vault.

Selain itu, Samsung Galaxy S21 Ultra akan hadir dengan tiga varian ruang penyimpanan dan RAM. Yakni, 128 GB dengan 12GB RAM, 256GB dengan 12GB RAM, dan yang tertinggi adalah 512GB dengan 16GB RAM.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar


Close Ads