alexametrics

Diluncurkan Terbatas, Segini Harga Samsung Galaxy Fold di Indonesia

13 Desember 2019, 13:31:23 WIB

JawaPos.com – Siapa sangka Samsung Galaxy Fold benar-benar dibawa ke Indonesia. Faktanya demikian. Pada hari ini, Jumat (13/12), Samsung resmi menghadirkan perangkat smartphone flagship yang bisa dilipat pertamanya ke pasar ponsel tanah air.

Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Elektronik Indonesia Annisa Maulina menuturkan, alasan di balik keberanian Samsung membawa perangkat smartphone lipat flagship Galaxy Fold karena ada konsumen yang membutuhkan perangkat tersebut. “Kebutuhan yang serbamulti seperti game, layanan perpesanan, website, dan sebagainya yang diinginkan konsumen menuntut adanya perangkat yang lebih besar,” ujarnya di Jakarta, Jumat (13/12).

Mengapa harus perangkat yang terlipat? Lanjut Annisa, sebab ada beberapa orang yang menginginkan perangkat mobile dengan layar besar, tetapi tak menginginkan tablet dan tetap mengedepankan eksklusifitas. “Kalau tablet mungkin terlalu besar bagi sebagian orang, perangkat ini bisa jadi solusi,” sambungnya.

Smartphone lipat premium Samsung Galaxy Fold ditawarkan dengan harga Rp 30,8 jutaan untuk satu varian dengan RAM 12 dan ROM 512 GB. Fantastis bukan. Harga tersebut menobatkan Samsung sebagai merek yang memiliki produk smartphone dengan harga paling mahal di Indonesia saat ini.

Dengan harga segitu, Samsung menyebut perangkat Galaxy Fold dijual dengan jumlah yang amat terbatas. Dan, segmen dari kalangan premium tentunya.

Peluncuran Samsung Galaxy Fold di Jakarta, Jumat (13/12) (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Samsung Galaxy Fold diungkap pertama pada awal tahun lalu, bersamaan dengan diungkapnya Galaxy S10 Series. Namun, karena sempat memiliki kendala teknis, Galaxy Fold baru bisa dijual pertengahan tahun ini secara bertahap di pasar global sampai akhirnya tiba di Indonesia pada Desember ini.

Dari segi spesifikasi, Samsung Galaxy Fold hadir ditenagai chipset atau prosesor 2.8 GHz Octa-Core Qualcomm Snapdragon 855. Seperti sudah disinggung di atas, Fold ditopang penyimpanan RAM 12 GB dan ROM 512 GB dengan teknologi UFS 3.0 tanpa slot MicroSD untuk ekspansi ruang simpan.

Spesifikasi lainnya, Galaxy Fold hadir dengan layar AMOLED 7,6 inci, 2,152 x 1,536 piksel di bagian dalam untuk mode tablet dan layar AMOLED HD Plus 4,6 inci lebih kecil (1,680 x 720 piksel) di bagian luar saat mode genggam. Layarnya disebut telah diperkuat dengan lapisan polyimide layer dan engsel yang juga disentuh ulang agar daya tahannya lebih mumpuni.

Sementara untuk kameranya, Samsung Galaxy Fold menyematkan tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP, 16 MP, dan 12 MP. Kemudian, kamera depannya sebesar 10 MP dan 8 MP. Ada juga kamera di bagian cover depan yang memiliki resolusi 10 MP.

Samsung Galaxy Fold dibekali baterai berdaya 4.380 mAh. Dalam paket penjualan, Samsung juga telah menyertai perangkat Fold dengan casing pelindung dan wireless earbuds lantaran smartphone ini hadir tanpa lubang atau jack headphone.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads