alexametrics

Samsung Diam-Diam Pamer Smartphone 5G CES 2019, Begini Bentuknya

12 Januari 2019, 18:11:51 WIB

JawaPos.com – Dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang berakhir Jumat (11/1) kemarin waktu setempat di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Samsung diam-diam ternyata memamerkan perangkat smartphone dengan kemampuan 5G.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman BusinessInsider, Sabtu (12/1), Samsung memamerkan perangkat purwarupa 5G-nya secara diam-diam lantaran tidak banyak yang tahu. Booth yang menampilkan prototipe smartphone 5G-nya pun tak banyak menarik perhatian dan cenderung sepi pengunjung.

Perangkat yang dipamerkan memang hanya prototipe. Namun itu menjadi sangat penting mengingat topik teknologi jaringan seluler generasi kelima saat ini memang banyak menjadi perbincangan. Meski 5G komersil diprediksi baru benar-benar bisa digunakan sekitar tahun depan, banyak vendor seperti Samsung berlomba-lomba mempersiapkan dirinya untuk teknologi 5G.

Samsung smartphone 5G, smartphone 5G Samsung, Samsung CES 2019
Perangkat purwarupa smartphone 5G Samsung di CES 2019. Berwarna hitam,tampak dari dekat. (BusinessInsider)

Kembali ke prototipe smartphone 5G Samsung. Perangkat yang dipajang dalam kotak kaca itu adalah smartphone yang sama yang digunakan untuk memamerkan kemampuan 5G ketika Verizon dan Samsung mengumumkan kesiapan mereka dengan teknologi 5G pada awal Desember lalu di hajatan Qualcomm di Maui, Hawai.

Seperti bisa dilihat dalam gambar, handset purwarupa 5G itu memiliki warna hitam. Layar ponsel tersebut berulang-ulang menampilkan video demo yang memamerkan beberapa fitur dan fungsi perangkat. Namun, tidak ada demo yang memanfaatkan kemampuan nirkabel, sehingga tidak memberikan banyak wawasan tentang seperti apa sebenarnya pengalaman data nirkabel 5G yang katanya supercepat itu.

Perangkat tersebut juga tidak diyakini sebagai perangkat Galaxy S10 yang salah satunya diyakini memiliki kapabilitas 5G. Sebab tidak terlihat adanya lubang pada area layar di bagian pojok kanan atas yang menjadi rumah bagi kamera selfie sebagaimana desain Galaxy S10 yang banyak dibicarakan.

Meski begitu, apa yang ditampilkan Samsung digelaran CES 2019 tetap layak diberikan apresiasi. Paling tidak masyarakat bisa tahu bahwa teknologi 5G benar-benar bisa dirasakan lewat perangkat smartphone dalam waktu yang tidak lama lagi.

Seperti pernah kami beritakan sebelumnya, ihwal teknologi 5G di perangkat smartphone diprediksi tidak akan murah. Bisa harga perangkatnya, ataupun harga untuk menebus layanan 5G-nya. Hal tersebut merujuk pada teknologi 5G yang terbilang baru. Beberapa komponen pendukung 5G masih sangat mahal dan investasi yang mesti dikeluarkan para operator telekomunikasi pun demikian.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads
Samsung Diam-Diam Pamer Smartphone 5G CES 2019, Begini Bentuknya