alexametrics

Apple Diprediksi Mulai Merilis iPhone Dua Kali dalam Setahun

11 Desember 2019, 10:07:04 WIB

JawaPos.com – Apple disebut-sebut akan mulai meluncurkan perangkat iPhone-nya dua kali dalam setahun. Apple biasanya meluncurkan perangkat smartphone premium iPhone hanya sekali dalam satu tahun yakni jelang liburan pada musim gugur.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari GSMArena, Rabu (11/12), sebuah laporan dari CNBC mengutip analis J.P. Morgan yang memperkirakan Apple akan mengubah strategi peluncurannya untuk 2021. Dalam catatan dari para analis, diprediksi bahwa Apple akan meluncurkan iPhone dua kali setahun.

Seperti sudah disinggung di atas, selama bertahun-tahun, Apple merilis iPhone pada musim gugur, menjelang musim liburan. Laporan tersebut menyatakan, perubahan strategi akan memungkinkan Apple untuk memperlancar musiman tradisionalnya. Sehingga memberi perusahaan peningkatan fleksibilitas untuk mengubah produknya dalam jangka waktu enam bulan dan bersaing dengan pembuat perangkat lain yang meluncurkan ponsel baru sepanjang tahun.

“Berdasarkan pemeriksaan rantai pasokan kami, kami mengharapkan perubahan strategis dalam irama peluncuran dengan merilis dua model iPhone baru di 1H21 (paruh pertama 2021) diikuti oleh dua lainnya di 2H21 (paruh kedua 2021) yang akan berfungsi untuk memperlancar bisnis di sekitar peluncuran,” ujar Samik Chatterjee, analis dari JP Morgan.

Perubahan dalam siklus rilis ini akan lebih cocok dengan beberapa OEM besar lainnya seperti Huawei dan Samsung, yang secara mengejutkan mengubah dua smartphone unggulan utama mereka. Tidak seperti OEM itu, Apple merilis jajaran baru setahun sekali dan karena itu tidak menjual ponsel murah, itulah satu-satunya sumber pendapatan untuk perangkat keras seluler.

Selain 2021, para analis memperkirakan pada 2020, Apple akan meluncurkan empat iPhone, semua dengan layar OLED dan dukungan 5G. Mereka juga mencatat bahwa beberapa model mungkin tidak mendukung teknologi mmWave.

IPhone tahun ini diharapkan datang dalam ukuran baru, satu dengan layar 5,4 inci dan yang kedua dengan 6,1 inci, dan satu dengan layar 6,7 inci yang jauh lebih besar. Analis mengharapkan dua model kelas atas untuk mendukung mmWave 5G dengan tiga kamera dan ‘World sensing 3D sensing’ yang baru. Sedangkan model tingkat lainnya diharapkan hadir dengan dua kamera, dukungan sub-6 GHz, dan dua kamera tanpa sensor 3D yang berhadapan dengan dunia.

Para analis juga mencatat jika Apple meluncurkan ponsel 5G tahun depan, itu akan mendorong pelanggan untuk melakukan upgrade.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads