alexametrics

Trio iPhone 11 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

11 September 2019, 07:08:35 WIB

JawaPos.com – Apple resmi mengumumkan kehadiran trio iPhone terbarunya. Bertempat di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat (AS), ketiga iPhone terbaru yang melenggang adalah iPhone 11 (reguler), iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Sebelum secara resmi diumumkan pada Selasa (10/9) waktu setempat, banyak rumor dan spekulasi beredar yang menyebutkan bahwa trio iPhone terbaru akan membawa perubahan cukup signifikan. Benar saja, trio iPhone teranyar itu menghadirkan cukup banyak terobosan jika dibandingkan dengan iPhone XR, XS, dan XS Max yang tak begitu berbeda dengan iPhone X pada 2017 lalu.

CEO Apple Tim Cook menyebut bahwa iPhone adalah produk yang sangat dicintai dan ditunggu konsumennya. “Konsumen mencintai iPhone karena kita fokus pada teknologi,” ujar Cook di panggung acara Apple.

Dari segi spesifikasi, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan 11 Pro Max memiliki perbedaan yang terletak pada jumlah kamera, ukuran layar, juga ketahanan baterainya. IPhone 11 reguler terlahir menjadi penerus iPhone XR yang kini memiliki dual kamera utama, sementara iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max meneruskan kesuksesan iPhone XS dan XS Max dengan tiga kamera utama.

Pengaturan kamera triple pada perangkat iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max. (Screenshot Streaming/Rian Alfianto/JawaPos.com)

iPhone 11 (reguler)

Dimulai dari iPhone 11 reguler, perangkat memiliki bentang layar seluas 6,1 inci. Sebagai perangkat paling murah, iPhone seri ini masih membawa panel layar LCD yang disebut Apple dengan layar Liquid Retina Display.

Urusan jeroan, iPhone 11 reguler menggendong chipset terbaru Apple A13 Bionic yang diklaim enam kali lebih cepat dibandingkan seri pendahulunya. Chipset yang sama juga dipercaya menukangi perangkat iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Untuk sektor kamera, iPhone 11 reguler seperti sudah disinggung di atas membawa dual kamera utama. Kedua kamera utama iPhone 11 reguler yakni 12 MP wide camera f/1.8 OIS dan 12 MP ultra-wide camera f/2.4 120 derajat field of view.

Sementara untuk urusan daya, iPhone 11 reguler dikatakan memiliki durasi pemakaian satu jam lebih lama jika dibandingkan dengan iPhone XR. Untuk ukuran baterainya, Apple tidak membeberkan secara rinci.

Ape iPhone 11 reguler dijual dengan harga mulai USD 699 atau berkisar di angka Rp 9,8 jutaan. Tersedia pilihan warna menarik seperti hijau, kuning, ungu, merah dan putih untuk perangkat iPhone 11 reguler.

iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max

Beralih ke perangkat selanjutnya yakni iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max. Kedua perangkat tersebut memiliki kesamaan dengan iPhone 11 reguler yakni sama-sama menggendong chipset A13 Bionic. Bedanya dengan iPhone 11 reguler, iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max memiliki spesifikasi layar dan kamera yang lebih mumpuni serta baterai yang lebih besar.

Urusan foto maupun video, iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max memiliki tiga kamera utama di bagian belakang yang ditempatkan dalam housing camera berbentuk persegi mirip Huawei Mate Series. Ketiga kamera tersebut memiliki bagian antara lain 12 MP wide camera f/1.8 OIS, 12 MP telefoto f/2.0 OIS, dan 12 MP ultra-wide camera f/2.4 120 derajat field of view.

Sementara untuk area layar, pembeda dari iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max adalah ukuran. Untuk iPhone 11 Pro memiliki layar berukuran 5,8 inci sedangkan iPhone 11 Pro Max memiliki ukuran 6,5 inci. Kedua layar perangkat tersebut memiliki spesifikasi dengan material Super Retina XDR Display.

Urusan daya, meski tak juga disebut secara detail berapa ukuran baterai perangkat yang bersangkutan, Apple mengklaim untuk iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max memiliki ketahanan lebih jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Untuk iPhone 11 Pro diklaim memiliki kemampuan penggunaan lebih lama empat jam jika dibandingkan dengan iPhone XS. Sedangkan iPhone 11 Pro Max diklaim memiliki ketahanan lebih lama 5 jam jika dibandingkan dengan iPhone XS Max.

Urusan kantong, iPhone 11 Pro ditawarkan mulai harga USD 999 atau setara dengan Rp 14 jutaan. Sementara iPhone 11 Pro Max dilego mulai dengan harga USD 1099 atau berkisar di Rp 15,4 jutaan. Keseluruhan perangkat iPhone terbaru bisa pre order di pasar AS pada Jumat (13/9) waktu setempat. Perangkat akan mulai dikirimkan dan tersedia di pasar offline mulai 20 September mendatang.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Close Ads